GAYA HIDUP

Rabu, 16 November 2011 | 13:00 WIB

Aliya Dirias 'Paes Ageng & Konde Bokor Mengkurep'?

Dahlia Krisnamurti
Aliya Dirias 'Paes Ageng & Konde Bokor Mengkurep'?
inilah.com

INILAH.COM,Jakarta - Resepsi pernikahan Edhie Baskoro Yudhoyono dan Siti Ruby Aliya Rajasa tinggal menghitung hari. Tersiar kabar 'pernikahan' dua adat ini bakal menggunakan adat bernuansa Jawa.

Nah. Seperti apa riasan yang akan mempercantik penampilan menantu kedua Presiden Susilo Bambang Yudhoyono tersebut? Pernikahan Ibas-Aliya yang diselenggarakan pada penghujung November 2011 tersebut bakal menggunakan adat Jawa dengan perias kenamaan Indonesia, Tienuk Riefki. Sang pengantin wanita dikabarkan akan dirias dengan make up Paes Ageng.

Riasan Paes Ageng merupakan satu-satunya tata rias pengantin dari sumbernya (keraton), di mana riasannya memakai serbuk emas (prada). Riasan ini merupakan tata rias pengantin kebesaran Keraton Yogyakarta.

Sementara untuk tatanan rambut, Tienuk menjelaskan, Aliya akan menggunakan sanggul model konde bokor mengkurep. Bokor mengkurep sendiri merupakan konde yang dibungkus dengan rajut melati.

Di bagian atasnya, ada tusuk konde sebanyak lima buah. Lima di sini memiliki filosofi lima pancer (pusat). Sanggul itu merupakan pasangannya riasan Paes Ageng. Sudah pakem dari sananya dan tidak boleh berubah, ungkap Tienuk.

#aliya #ibas
BERITA TERKAIT
Ini Empat Destinasi Wisata Kekinian di Tangerang
(Candi Darling) Situs Wisata Candi Ratu Boko Ditanami Ribuan Pohon
Perhatian Orangtua Ketika Memilih Mainan Anak
Beasiswa beri Semangat untuk Anak Belajar
Tantangan Kesehatan di Era Industri 4.0
2 Rute Terbaru Citilink Akan Tingkatkan Wisman
Kim Pamer Koleksi Terbaru Ready to Wear

kembali ke atas