METROPOLITAN

Rabu, 16 November 2011 | 22:35 WIB

Masyarakat Dilibatkan Penyusunan Perda Sampah

Wahyu Praditya Purnomo
Masyarakat Dilibatkan Penyusunan Perda Sampah
inilah.com/Agus Priatna

INILAH.COM, Jakarta - Pengelolaan sampah di DKI Jakarta, harus melibatkan peran serta masyarakat dan pengembang. Keterlibatan dua pihak tersebut diwujudkan dalam penyusunan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) DKI Jakarta.

Kepala Dinas Kebersihan DKI Jakarta, Eko Bharuna meminta agar masyarakat serta pakar persampahan turut serta dalam menyempurnakan Raperda tersebut. Sebelum diserahkan ke Badan Legislasi Daerah (Balegda) pada tahun 2012 mendatang, maka masyarakat diharapkan terlebihdahulu paham.

"Dalam membuat peraturan hukum berupa Perda, Pemprov DKI selalu membuka peluang seluas-luasnya bagi masyarakat dan para pakar dibidangnya untuk menyampaikan aspirasinya. Karena perda ini kan untuk mengatur kehidupan masyarakat Jakarta demi terciptanya kota Jakarta yang sehat, indah dan ramah lingkungan," Eko Bharuna saat ditemui di kantor Balaikota Jakarta, Rabu (16/11/2011).

Dijelaskan Eko, draft Raperda Pengelolaan Sampah telah selesai dalam bentuk naskah kajian akademis. Sebelum diserahkan kepada Balegda DPRD DKI pada tahun 2012 nanti, pihaknya ingin mengundang para pakar persampahan untuk menyempurnakan aturan yang telah ada dalam draft raperda itu.

Jadi kalau ada yang kurang, bisa ditambahkan sesuai dengan kebutuhan warga dan kota Jakarta. Kalau ada aturan yang dianggap tidak perlu, masih bisa ditanggalkan dalam draft tersebut. Kami ingin, Perda Pengelolaan Sampah nantinya benar-benar berasal dari rakyat dan untuk rakyat Jakarta, ujar Eko. [mar]

#raperda #sampah #masyarakat #dki jakarta
BERITA TERKAIT
Pemprov DKI Ancam Cabut Izin DWP Jika Melanggar
Gardu Tol Pasar Rebo Rusak Usai Tabrakan Dua Mobil
597 Personel Gabungan TNI-Polisi Siap Amankan DWP
Ditangkap, Pelaku Persekusi Banser Minta Maaf
Protelindo Harap Cakung Berekonomi Modern
Berikut Fasilitas Hunian DP 0 Rupiah Fase ke II
Anies Ingin Syarat Daftar Rumah DP Nol Dipermudah

kembali ke atas