METROPOLITAN

Sabtu, 19 November 2011 | 11:11 WIB

Warga Sayangkan Naiknya Tarif Kopaja AC

Wahyu Praditya Purnomo
Warga Sayangkan Naiknya Tarif Kopaja AC
inilah.com/Ardhy Fernando

INILAH.COM, Jakarta - Tarif Kopaja AC resmi naik menjadi Rp 5.000. Pengguna jasa angkutan Kopaja AC mengeluhkan kenaikan tarif.

Seperti yang diungkapkan Revian Surawardana (20), mahasiswa perguruan tinggi di kawasan Grogol, Jakarta Barat. Menurutnya tarif Kopaja sebesar Rp 5.000 dirasa masih tinggi. Apalagi pengguna Kopaja AC tak hanya karyawan, tapi juga pelajar dan mahasiswa.

"Kalau pulang balik saja kita sudah dikenakan biaya 10.000 rupiah. Harga tersebut terbilang mahal bagi pelajar," kata Revian, Sabtu (19/11/2011).

Sementara Riska Maharani (25) karyawan swasta di kawasan Slipi, Jakarta Pusat, mengaku kenaikan tarif Kopaja AC dari Rp 2.000 tarif awal yang ditetapkan, menjadi Rp 5.000 bukanlah masalah. Namun, kenaikan harga harus dibarengi dengan fasilitas dan pelayanan yang lebih baik.

"Sebenarnya apa sih yang mau dijual, pasti kenyamanan kan? Maka jangan sampai kita sudah mahal-mahal membayar tarif, tapi kenyamanan dan pelayanan yang diberikan kurang. Seperti kondisi bus yang sudah penuh, tapi masih terus dipaksakan terisi penumpang. Kalau begitu kondisi AC juga terasa," ungkap perempuan yang mengaku bermukim di kawasan Pejaten, Jakarta Selatan saat dijumpai INILAH.COM.

Seperti diketahui, Kopaja AC S-13 jurusan Ragunan-Grogol sedang uji coba dengan tarif Rp 2.000 sejak diluncurkan pada 29 Juli 2011. Karena alasan operasional, pihak pengelola Kopaja mengajukan kenaikan tarif sebesar Rp 6.000 dan disepakati sebesar Rp 5.000.

Sebelumnya, kenaikan tarif Kopaja AC menjadi Rp 5.000 memang dilakukan sepihak oleh pengelola karena lambannya birokrasi. Pengelola mengaku rugi karena biaya operasional harian membutuhkan dana yang tidak sedikit. Bahkan Kopaja AC sempat tidak beroperasi sehari penuh. [bar]

#kopaja
BERITA TERKAIT
Gara-gara Program Anies Ramai Ingin Jadi Warga DKI
Pagi Ini, Jakarta Diprakirakan Cerah Berawan
Polisi Selidiki Pembongkaran Portal Sungai Turi
Hari Ini Cuaca Jakarta Cerah Berawan
(Teror Ait Keras Di Jakarta Barat) Pelaku Siram Korban Dengan Soda Api, Ini Efeknya
Polisi Tangkap Pelaku Teror Air Keras Di Jakbar
Kapolda Metro: Bahaya Medsos, Orang Jadi Radikal

kembali ke atas