NASIONAL

Minggu, 20 November 2011 | 23:00 WIB

PKS: Pangkalan Militer AS Demi Amankan Freeport

Agus Rahmat
PKS: Pangkalan Militer AS Demi Amankan Freeport
IST

INILAH.COM, Jakarta - Kehadiran pangkalan militer Amerika Serikat di Darwin, Australia, untuk kepentingan pengamanan PT Freeport Indonesia (FI). Apalagi, kini FI sedang mendapat perhatian serius dari masyarakat dan pemerintah Indonesia.

Anggota Komisi I DPR, Syahfan Badri Sampurno, mengaku heran dengan adanya pangkalan militer tersebut. Apalagi, tidak ada masalah keamanan hingga harus ada pangkalan militer. Untuk itu, kuat dugaan kalau AS mengincar FI.

"Jelas sekali kepentingan Amerika Serikat. Indonesia serta negara-negara ASEAN harus menolak pangkalan militer di Darwin ini, tegas Syahfan melalui rilis yang diterima INILAH.COM, Minggu (20/11/2011).

Menurutnya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono perlu mengambil sikap tegas. Apalagi sampai AS harus menurunkan militernya. Dia mencurigai, hibah pesawat tempur sebagai bentuk untuk membungkam Indonesia.
Dikhawatirkan bila pemerintah tidak menyikapi ini sebagai ancaman, maka sinyalemen hibah F-16 sebagai bagian dari upaya pembungkaman akan mendapat pembenaran, ujar Syahfan.

Rezim militer AS di hampir semua negara yang didirikan pangkalan militer, tidak pernah baik. Rakyat yang akan menjadi korban dari keberadaan ini.
"Hampir di setiap negara di mana AS mendirikan pangkalan, di sana akan ada ancaman stabilitas keamanan dan yang menderita nantinya adalah rakyat juga, katanya.

Untuk itu, melalui Komisi I DPR, nantinya pihaknya akan mendesak penolakan ini. [gus]

#freeport #papua
BERITA TERKAIT
Polri: Tidak Ada Perayaan HUT OPM, Papua Kondusif!
Jelang HUT OPM, Mobil Ditembaki Di Papua
Generasi Milenial Jangan Alergi denga Politik
Polisi Sebut Pembunuhan Hakim PN Medan Terencana
Polresta Cirebon Tingkatkan Keamanan Jelang Nataru
Polisi Periksa 29 Orang Terkait Hakim Medan Tewas
(Indonesia Minim Iklim Diskursif) FEB UNPAD Luncurkan Jurnal Kasyaf

kembali ke atas