GAYA HIDUP

Selasa, 22 November 2011 | 08:45 WIB

Perpaduan Budaya Timur VS Barat Tutup JFW 2012

Dahlia Krisnamurti
Perpaduan Budaya Timur VS Barat  Tutup JFW 2012
inilah.com

INILAH.COM,Jakarta - Sebuah show spektakuler dari dua anak muda berbeda benua, menutup Jakarta Fashion Week 2012, Jumat (18/11).

Kolaborasi antara desainer kebanggaan Indonesia, Oscar Lawalata dengan seorang milliner (hat maker) asal Inggris, Justin Smith, merupakan salah satu perwujudan konsep inkarnasi budaya timur dan barat.

Show bertajuk "British Council Presents A Collaboration of Justin Smith & Oscar Lawalata" mentransformasi keunikan kain-kain tradisional melalui perspektif mode masing-masing.

Dengan konsentrasi pada struktur dan detail, beragam kain tradisional seperti batik, ikat, dan tenun diaplikasikan dengan teknik yang berbeda, sehingga menghasilkan formasi busana modern yang kaya akan detail, dengan variasi warna yang lebih membumi.

Sementara itu, topi atau aksesoris kepala sebenarnya bukanlah sesuatu yang baru di Indonesia, tetapi nyaris tak ada yang menekuni dunia desain topi sehingga menjadi hal yang asing di negeri ini.

Namun pada kolaborasi kali ini topi memiliki kesempatan besar untuk dikembangkan di industri mode Indonesia. Dalam dunia millinery, Justin Smith telah memiliki rekam jejak yang cukup fantastis di usianya yang tergolong muda.

Ia telah menampilkan topi rancangannya di Paris, Milan, dan Roma melalui kolaborasi dengan label mode ternama seperti Moschino dan Manish Aurora.

Koleksi Oscar Lawalata ini bersinergi dengan kreasi hiasan kepala dan topi dari Justin Smith, yang menerapkan unsur anyaman tikar, bambu, kain ikat, dan kulit. Jika diamati lebih jauh, koleksi busana kali ini sangat menonjol dalam ciri budaya khas Indonesia dan hand craftsmanship.

Hal ini bisa dilihat dari detail tumpuk pada fringe yang dengan sedemikian rupa sesuai dengan head piece koleksi Justin! Kematangan dan kedewasaan terwujud dengan jelas dalam desain Oscar Lawalata kali ini. [mor]

#jwf #oscar lawalata
BERITA TERKAIT
Dive Nobatkan Indonesia, Best Destination 2019
Lounge Baru Terminal 2 Soetta Manjakan Travellers
(Kemenparekraf) Sales Mission Singapura Promo Danau Toba-Mandalika
Kompetisi Bunga Internasional Libatkan Siswa SD
Seru, Tradisi Cari Jodoh di Kabuenga Wakatobi Wave
Muslim Traditional di 165 Wedding Exhibition 2019
Kenali Perawatan Kecantikan Crystal Lift

kembali ke atas