EKONOMI

Rabu, 23 November 2011 | 08:00 WIB
(Mukesh Ambani)

Bos Reliance yang Gemar Masak

Mosi Retnani Fajarwati
Bos Reliance yang Gemar Masak
Mukesh Ambani topnews.in

INILAH.COM, Jakarta - Mukesh Ambani, pemilik Reliance Industries, masuk ke dalam jajaran orang terkaya dunia versi Majalah Forbes 2011. Lulusan Universitas Mumbai ini dikenal gemar memasak.

Nama Mukesh Ambani masuk dalam jajaran orang terkaya dunia versi Forbes tahun 2011 dengan nilai kekayaan mencapai US$22,6 miliar. Angka ini sebenarnya turun dari sebelumnya US$44,4 miliar.

Pria paruh baya kelahiran Yaman 19 April 54 tahun silam ini, adalah pemilik saham terbesar Reliance Industries. Perusahaan yang dirintis oleh ayah Mukesh Ambani, Dhirubhai Hirachand Ambani pada 1996. Awalnya bisnis perusahaan hanya sebatas bisnis tekstil namun kian berkembang ke bisnis petrochemical, komunikasi, dan pembangkit listrik.

Reliance Industries berubah menjadi perusahaan publik pada 1977. Setelah kematian Dhirubhai pada 2002, Mukesh Ambani dan Anil Ambani mengambil alih bisnis keluarga tersebut. Namun, perselisihan di antara keduanya membuat kelompok bisnis ini pecah pada 2006.

Ambani kemudian mengambil alih Reliance Industries yang memiliki aset kelompok bisnis minyak. Dan kini juga menjadi pemilik 30% saham dari 23 blok migas yang dimiliki British Petroleum (BP), melalui kerja sama dengan Reliance. Sementara itu, Anil menjadi bos Reliance Group yang mengelola bisnis telekomunikasi, pembangkit listrik, dan penyedia jasa kesehatan.

Lulusan Universitas Mumbai jurusan Teknik Kimia ini ternyata sempat melanjutkan ke jenjang pasca sarjana di Universitas Stanford, namun tidak sampai selesai alias dropped out.

Dengan perkiraan gaji tahunan sebesar 304,6 juta rupee atau setara dengan Rp53,41 miliar (kurs 1 rupee = Rp175,35), ia membangun sebuah rumah termahal di dunia yang luas keseluruhan bangunannya mencapai 37 ribu meter persegi dan terdiri dari 27 lantai. Rumah ini diberi nama Antilia.

Di dalam rumah senilai 630 juta pounsterling atau sekitar Rp9 triliun ini, ia tinggal bersama istri dan ketig anaknya. Sejumlah saudaranya menuturkan, Mukesh Ambani merupakan sosok pendiam. Dia juga dikenal sebagai pribadi yang tidak suka publisitas dan muncul di depan umum. Yang unik adalah ia juga dikenal gemar memasak di dapur serta memakai pakaian lokal.

#mukesh ambani #reliance #orang terkaya forbes
BERITA TERKAIT
Kisruh di TVRI, Rizal Ramli Dukung Helmi
DPR Dukung Ahok dan Moeldoko Berantas Mafia Migas
Tahun Ini, Industri Baja Diramal Masih Aman
Jokowi: Jiwasraya Lama Sakit, Sembuhnya Juga Lama
Menteri Teten Siap Lelang Jabatan 3 Posisi Deputi
BPJS Makin Mahal, Partainya Prabowo Tawarkan Ini
Efeknya Minim,Jangan Mudah Tergiur Investasi China

kembali ke atas