NASIONAL

Selasa, 22 November 2011 | 22:30 WIB

Inilah Empat Nasehat Hatta Untuk Ibas

Laela Zahra
Inilah Empat Nasehat Hatta Untuk Ibas
Hatta Rajasa inilah.com

INILAH.COM, Jakarta - Orang tua Siti Ruby Aliya Rajasa, Hatta Rajasa, memberikan empat wejangan kepada calon menantunya, putra bungsu Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Edhie Baskoro Yudhoyono atau Ibas.

Hatta, yang juga Menteri Koordinator Bidang Perekonomian ini memberikan empat wejangan atau Catur Wedha.

"Pertama, ingatlah menikah itu adalah ibadah, persiapkan kapalmu dengan baik karena engkau akan mengarungi samudra yang tidak hanya berombak telan. Jagalah kemudimu agar lurus arahnya, jagalah pula putri kami agar tenag hidupnya, merasa dicintai dan dilindungi, karena Aliya akan menemani dalam suka dan duka," tutur Hatta dihadapan Ibas.

"Bawalah bekal karena perjalanan akan panjang dan perbanyaklah amal saleh, dari lubuk hati yang terdalam hormati dan menjaga kesucian orang tua yang telah melahirkan, membesarkan, dan mendidik ananda. Ridho Allah adalah ridho orang tua, sayangi pula seluruh keluarga yang telah menyatu menjadi keluarga besar. Papa dan mama akan mengasihi ananda sebagai putra kandung sendiri," tutur Hatta.

"Ketiga, ketahuilah ananda, janganlah membawa bekal berlebihan karena ia akan memberatkanmu. Bawalah secukupnya dan pandailah berbagi bersama. Jadilah rahmat bagi semesta alam, hidup dalam bermasyarakat dan bernegara. Henedaknya taat dalam hukum dan etika yang berlaku, menyayangi sesama, dan memagang teguh amanat penuh keluletan, sabar bersyukur, dan ikhlas. Tetaplah tegar dan yakin dalam setiap cobaan agar semua tugas dan tanggungkawab dalam kehidupan ini Insya Allah akan berjalan lancar. Yakinlah ananda dalam setiap kesulitan ada kemudahaan." nasehatnya.

"Keempat, ketahuilah ananda, hidup akan tentram hidup akan berguna, hidup akan tenang, manakala ananda senantiasa mendekatkan diri kepada Allaah SWT. Kepada Allah ananda bersujud, kepada Allah pula annanda bersandar. Jalankan perintah agama, jadilah pemimpin bagi keluargamu, bagunlah keluarga sakinah, mawaddah, warahmah. Bersabar dalam setiap cobaan, dan jadilah manusia yang berguna bagi keluarga, bangsa, dan negara," lanjutnya.

Catur Wedha itu kemudian diberikan kepada Ibas, dan kemudian Ibas mencium tangan kedua orang tua calon istrinya. Selanjutnya ibunda Aliya, Okke Rajasa meminumkan Ibas dengan segelas air putih hingga habis. [gus]

#ibas #aliya #hatta #rajasa #nikah #cipanas #baskoro
BERITA TERKAIT
KemenPPPA Beri Pelatihan Masak Korban Banjir Lebak
85 Prajurit Kodam Jaya Tugas Teritorial di Papua
Kemenkes Imbau WNI Waspada nCov di Korea & Jepang
Penyidik Kejagung Periksa Tsk Jiwasraya di KPK
Suap Impor Ikan, Eks Dirut Perindo Segera Disidang
Saksi Sebut Eks Kadinkes Tangsel Terima "Setoran"
Wakil Ketua KPK Nyanyi: Dimana Ya Harun Masiku

kembali ke atas