NASIONAL

Selasa, 22 November 2011 | 22:15 WIB
(Tangkap Tangan Oknum Jaksa)

KPK Akan Periksa Kajari Cibinong

Santi Andriani
KPK Akan Periksa Kajari Cibinong
inilah.com/Agus Priatna

INILAH.COM, Jakarta- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bisa memeriksa Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Cibinong, Suripto Widodo selaku atasan jaksa Sistoyo untuk mengembangkan penyidikan dugaan suap ke Sistoyo sebesar Rp99,9 juta.

"Tergantung kebutuhkan penyidik, kalau dibutuhkan, kemungkinan itu sangat terbuka, bisa saja kita minta keterangan (atasan Sistoyo, red)," sebut Juru Bicara KPK, Johan Budi SP di gedung KPK, Jakarta, Selasa (22/11/2011).

Penyidik, lanjut Johan, selain terus mengembangkan penyidikan terhadap tiga tersangka, yaitu oknum jaksa Sistoyo, pengusaha Edward dan rekan Edward, Anton Bambang, juga akan mengembangkan apakah ada pihak lain yang terlibat dalam kasus ini.

"Tentu akan dikembangkan apakah ini putus sampai di A dan E, atau ada pihak lain," jelas Johan Budi.

Penyidik hingga kini terus melakukan pemeriksaan terhadap tiga tersangka. Mereka kemungkinan akan langsung ditahan usai diperiksa KPK.

Atas ketiga terdakwa, KPK menjerat S dengan pasal 5 ayat 2 dan atau pasal 12 huruf a dan b dan pasal 11 UU nomer 30 tahun 1999 sebagaimana diubah dengan pasal 20 tahun 2001 tentang Pemberantasan Korupsi.

Sedangkan untuk E dan AB, dijerat dengan pasal 5 ayat 1 dan atau pasal 13 UU Pemberantasan Korupsi.

Seperti diberitakan sebelumnya, Senin, sekitar pukul 18.15 WIB di halaman parkir kantor Kejari Cibinong, Jalan Tegar Beriman, Cibinong tim KPK yang terdiri dari 8 orang penyidik telah menangkap tangan S, oknum jaksa Kejari dan dua orang swasta, AB dan E. Ketiganya ditangkap setelah terjadi penyerahan uang sebesar Rp99,9 juta yang dibungkus dalam amplop coklat dan diletakkan AB di dalam mobil Nissan X Trail milik S yang diketahui sebagai salah satu Kasubag di Kejari Cibinong. [gus]

#kpk #jaksa #tangkap #tangan
BERITA TERKAIT
KPK Panggil Politikus PAN Soal Suap Pesawat Garuda
Sedang Umroh, KPK Batal Periksa Anggota DPRD Jabar
Diperiksa KPK, Anak Yasonna Laoly Ditanya Soal Ini
KPK Dalami Persetujuan Gamawan Di Proyek IPDN
KPK Surati Erick Thohir Soal Dirut Jasa Marga
Dirut AP2 Jelaskan Maksud Sinergitas Antar BUMN
Dirut AP2 Tegaskan Tak Ada Arahan Soal Proyek BHS

kembali ke atas