NASIONAL

Rabu, 23 November 2011 | 01:10 WIB
(Tangkap Tangan Oknum Jaksa)

Jaksa S di Rutan Polda Metro, E dan AB di Cipinang

Santi Andriani
Jaksa S di Rutan Polda Metro, E dan AB di Cipinang
Jaksa Sistoyo inilah.com/Agus Priatna

INILAH.COM, Jakarta- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menahan tiga tersangka kasus dugaan suap yaitu oknum jaksa Sistoyo, pengusaha Edward dan rekan Edward, Anton Bambang. Mereka ditahan setelah diperiksa sejak kemarin (21/11/2011) petang.

"Untuk kepentingan penyidikan, KPK melakukan penahanan terhadap ketiganya untuk penahanan 20 hari pertama," sebut Juru Bicara KPK, Johan Budi SP di gedung KPK, Jakarta, Selasa (22/11/2011).

Johan menjabarkan, untuk Sistoyo yang diketahui merupakan Kasubag Pembinaan di Kejari Cibinong ditahan di rutan Polda Metro Jaya. Sedangkan pengusaha Edward dan Anton Bambang dititipkan di rutan LP Cipinang.

KPK menahan ketiganya setelah hari ini resmi ditetapkan sebagai tersangka. Mereka diduga terlibat dalam tindak pidana korupsi yaitu pemberiaan dan penerimaan suap sebesar Rp99,9 juta untuk meringankan tuntutan Edward yang sedang menjadi terdakwa kasus penipuan di Pengadilan Negeri Cibinong.

Atas ketiga tersangka, KPK menjerat S dengan pasal 5 ayat 2 dan atau pasal 12 huruf a dan b dan pasal 11 UU nomer 30 tahun 1999 sebagaimana diubah dengan pasal 20 tahun 2001 tentang Pemberantasan Korupsi. Sedangkan untuk E dan AB, dijerat dengan pasal 5 ayat 1 dan atau pasal 13 UU Pemberantasan Korupsi.

Seperti diberitakan sebelumnya, Senin, sekitar pukul 18.15 WIB di halaman parkir kantor Kejari Cibinong, Jalan Tegar Beriman, Cibinong tim KPK yang terdiri dari 8 orang penyidik telah menangkap tangan S, oknum jaksa Kejari dan dua orang swasta, AB dan E. Ketiganya ditangkap setelah terjadi penyerahan uang sebesar Rp99,9 juta yang dibungkus dalam amplop coklat dan diletakkan AB di dalam mobil Nissan X Trail milik S yang diketahui sebagai salah satu Kasubag di Kejari Cibinong. [gus]

#kpk #jaksa #tangkap #tangan
BERITA TERKAIT
Jokowi Pernah Lapor Kasus Korupsi, KPK: Kasus Apa?
KPK Cegah Walkot Dumai Zulkifli Kabur Luar Negeri
(Kasus Suap Gula di PTPN III) KPK Panggil Dua Dirut PTPN
KPK Periksa Tenaga Ahli Fraksi PAN DPR RI
Anak Yasonna Laoly Diperiksa KPK
Istri Wali Kota Medan Diperiksa KPK
(Ketua KPK Terpilih) Irjen Firli Bahuri Promosi Jadi Kabaharkam

kembali ke atas