PASAR MODAL

Rabu, 30 November 2011 | 19:01 WIB

JSMR Harap Penggunaan e-Pass Capai 40%

Agustina Melani
JSMR Harap Penggunaan e-Pass Capai 40%
PT Jasa Marga Tbk jasamarga.com

INILAH.COM, Jakarta - PT Jasa Marga Tbk mengharapkan penggunaan e-pass mencapai 40% dalam waktu lima tahun mendatang.

"Pengguna jalan yang menggunakan e-pass diharapkan dapat mencapai 40% dalam waktu lima tahun mendatang. Bagi yang sudah menggunakan e-toll card, nantinya juga akan menggunakan e-pass," tutur Direktur Utama PT Jasa Marga Tbk (JSMR), Frans Sunito, seusai peluncuran transaksi e-Toll Non Stop, Rabu (30/11).

Lebih lanjut ia menuturkan, layanan e-toll non stop ini baru dilakukan di Gardu Tol Otomatis (GTO) Cililitan dan Cengkareng. Selanjutnya akan terus dikembangkan ke seluruhg gerbang tol pada 2012. Dengan penggunaan e-toll non stop ini dapat mengurangi antrian pembayaran jalan tol.

"Kita berharap antrian semakin berkurang. Kalau manual membutuhkan waktu 60 detik sedangkan e-toll card sekitar dua detik, dengan e-pass diharapkan lebih cepat lagi, maksimum tujuh kendaraan," tambah Frans.

Frans mengaku, dengan pembayaran elektronik dapat mengurangi gardu dan petugas. Tapi saat ini perseroan terus mengembangkan jalan tol baru. Perseroan akan menambah jalan tol sepanjang 200 KM hingga 2014. Saat ini, pihaknya baru mengoperasikan 540 KM jalan tol.

"Panjang tol diperkirakan mencapai 750 KM hingga 2014 jadi kita tidak memberhentikan orang tetapi mendistribusikan ke jalan tol baru," ujar Frans.

Menurut Frans, pengguna jalan tol menggunakan e-pass mencapai 40% dan sisanya masih membayar secara manual merupakan komposisi biasa. Di negara lain pun pengguna jalan tol menggunakan e-pass mencapai 40%. Saat ini pengguna e-toll card baru sekitar 4,6%.

Sementara itu, Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan menuturkan, penggunaan e-pass harus didorong untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat. Dengan menggunakan e-pass tersebut diharapkan dapat mengurangi antrian di jalan tol. [hid]

#mandiri #e-toll card #jsmr #tarif tol
BERITA TERKAIT
Bursa Saham AS Naik Respon Kesepakatan AS-China
PT Bayan Tarik Utang US$190 Juta dari Bank Permata
Pebisnis Inggris Sambut Kemenangan Johnson
Garuda Dukung Erick Tertibkan Anak cucu BUMN
Bursa Asia Rayakan Kesepakatan AS-China
Ini Penopang Bursa Saham AS di Area Positif
IHSG Berakhir Naik 0,9% ke 6.197,31

kembali ke atas