TEKNOLOGI

Senin, 05 Desember 2011 | 09:48 WIB

Menunggu Kebangkitan HP di 2013

Ahmad Taufiqqurakhman
Menunggu Kebangkitan HP di 2013
IST

INILAH.COM, Jakarta - Meski nasib Hewlett Packard (HP) belum jelas, bahkan menjurus ke arah kandas, faktanya perusahaan tersebut mengklaim akan comeback pada 2013 nanti.

Sebelumnya CEO HP, Meg Whitman, mengatakan bahwa mereka mungkin akan kalah dengan Apple untuk kategori tablet, namun ia mengatakan bahwa HP akan mencoba untuk menjadi juara pada 2013 nanti.

Tapi yang patut dipertanyakan apakah tablet masuk ke kategori personal computer (PC)? Hal itulah yang harus diperjelas, karena untuk kategori tablet HP memang kalah, sementara untuk PC belum tentu.

Baru-baru ini disebutkan pula Whitman bahwa masa depan dari WebOS akan ditentukan dalam waktu dua pekan ke depan, mengingat nasib dari 600 karyawannya yang masih belum jelas.

Sudah jelas bahwa HP belum memiliki solusi yang tepat untuk menerapkan klaim mereka atas rencana kebangkitan mereka di 2013 nanti. Karena HP belum memiliki produk 'kuncian' untuk menghadapi persaingan yang keras.

Atas hal itulah, setelah masuk menduduki posisi CEO, Whitman langsung dengan cepat memutuskan agar divisi Personal System Group tetap di HP. Saat ini pun Hewlett Packard sedang mempertimbangkan apakah ingin melepas atau mempertahankan divisi bisnis operating system (OS) WebOS mereka.

CEO sebelumnya HP, Leo Apotheker, pernah berencana pada Agustus untuk melepas secara mendadak divisi unit bisnis PC dan WebOS mereka. Atas keputusannya yang kontroversial tersebut direksi HP langsung memecatnya dan menggantikannya dengan CEO baru Meg Whitman. Namun hingga saat ini belum jelas apakah HP tetap pada keputusan sebelumnya atau akan merevisinya.

Namun beberapa sumber di HP mengatakan bahwa mereka kini sedang mengevaluasi potensi penjualan divisi bisnis WebOS yang mungkin akan menghasilkan jutaan dollar. Namun dikatakan juga bahwa penjualan WebOS tersebut mungkin akan kurang dari US$1,2 miliar.

Dibocorkan pula oleh beberapa sumber bahwa saat ini HP sedang didampingi oleh pihak Bank of America, Merrill Lynch, untuk menasehati mereka; apakah akan menjual atau tetap mempertahankan WebOS. Selain itu Meg Whitman juga mengatakan bahwa nasib masa depan OS HP, WebOs, akan ditentukan dalam waktu dua pekan ke depan.

Nasib WebOS telah menggantung selama beberapa bulan terkahir, setelah pada pertengahan tahun ini HP mengumumkan bahwa mereka menghentikan OS yang memperkuat tablet TouchPad, hanya dalam hitungan pekan semenjak peluncuran perdananya.

Semenjak itu, terus beredar rumor bahwa banyak pembeli potensial (termasuk Amazon dan Oracle) yang berminat untuk membeli WebOS. Ketika CEO HP sebelumnya, Leo Apotheker, berencana mengabaikan WebOS dan TouchPad, keputusan tersebut mendapat banyak respon keras dari berbagai pihak, karena dianggap sangat merugikan HP.

HP mendapatkan WebOS setelah membelinya dari Palm April lalu. Saat itu banyak pihak menilai bahwa akuisisi tersebut akan memperkuat HP, sampai tiba-tiba Leo Apotheker membuat keputusan kontroversial tersebut. Whitman mengatakan, HP berencana tetap berada di posisi tiga besar untuk 2013 dan akan meluncurkan tablet baru dengan menggunakan OS Windows 8.

Sebelumnya pada 18 Agustus lalu, HP mengumumkan penghentian unit bisnis TouchPad. Padahal, baru tujuh pekan setelah mereka meluncurkan tablet tersebut. Selain itu, HP juga mengabaikan unit bisnis OS WebOS yang juga baru mereka beli dari Palm. Jadi mari tunggu upaya HP untuk memulihkan kejayaan mereka di 2013 nanti. [mdr]

#hp #hewlett packard #webos
BERITA TERKAIT
Astra Auto Fest 2019 Resmi Dibuka
UBSI Dorong Penguatan Pemuda Literasi Digital
Daimler Siapkan SUV Maybach Pertama
Qlue Pimpin Implementasi Kota Cerdas di Barcelona
Kia Seltos Baru Debut di LA Auto Show 2019
Mitsubishi ONE, Wajah Baru Layanan Purnajual MMKSI
(Ditawarkan dengan Harga Mulai Rp664,8 Juta) All-New Mazda CX-8 Resmi Mengaspal di Indonesia

kembali ke atas