TEKNOLOGI

Selasa, 06 Desember 2011 | 01:24 WIB

Penurunan CO2 Dorong Peristiwa Iklim Terbesar Bumi

Billy A. Banggawan
Penurunan CO2 Dorong Peristiwa Iklim Terbesar Bumi
UPI

INILAH.COM, West Lafayette Penurunan karbon dioksida (CO2) menjadi tenaga pendorong salah satu peristiwa iklim terbesar dalam sejarah Bumi. Apa itu?

Menurut ilmuwan di universitas di Purdue dan Yale, penurunan CO2 ini akan menjadi tenaga pendorong pemebentukan lembaran es Antartika. Menurut hasil studi mereka, peran gas rumah kaca di Antartika menunjukkan betapa pentingnya CO2 di perubahan iklim dulu.

Tak hanya itu, diketahui CO2 menjadi tenaga signifikan di iklim masa kini dan masa depan. Tim ini menemukan, rendahnya tingkat CO2 mampu membentuk lembar es di Kutub Selatan namun seberapa besar peningkatan gas rumah kaca hingga lembar es meleleh masih menjadi misteri.

Bukti ini sejalan dengan harapan CO2 merupakan tuas utama yang memerintah iklim dunia. Jika tuas ini dinaikkan atau diturunkan, akan terjadi perubahan dramatis, ungkap profesor sains bumi dan atmosfer Matthew Huber dari Purdue seperti dikutip UPI.

Transisi dari dunia hangat tanpa es menjadi dunia dingin dengan es terjadi akibat fluktuasi tingkat CO2, lanjutnya. Ilmuwan mengatakan, selama 100 ribu tahun di zaman Eosen, suhu turun secara dramatis, es menyelimuti Antartika dan ketinggian laut turun.

Permulaan es Antartika merupakan ibu titik kritis semua iklim. Mengenali peran utama perubahan CO2 menjadi dasar penelitian penting pada perubahan iklim dunia, tutup geokimiawan Yale Mark Pagani. [mor]

#co2 #es #antartika
BERITA TERKAIT
Dian Andyasuri, Bos Baru Shell Indonesia
Tingkatkan Validasi Data, LinkAja Gandeng Dukcapil
BMW Donasikan Rp341 Juta untuk Korban Banjir
Toyota Target Produksi 10,9 Juta Kendaraan di 2020
Huawei Jual 240 Juta Smartphone Sepanjang 2019
(Indonesia Millennial Summit (IMS) 2020) Honda Ikut Ramaikan Ajang bagi Generasi Millenial
Alphabet Inc Tembus Valuasi US$1 Triliun

kembali ke atas