EKONOMI

Senin, 05 Desember 2011 | 20:17 WIB

Revisi PBI Kartu Kredit Segera Berlaku

Sandiyu Nuryono
Revisi PBI Kartu Kredit Segera Berlaku
Foto : ilustrasi

INILAH.COM, Jakarta - Bank Indonesia (BI) dapat memastikan revisi (Peraturan Bank Indonesia (PBI) mengenai tentang Alat Pembayaran Menggunakan Kartu (APMK) akan keluar di pertengahan Desember ini.

Hal ini disampaikan oleh Direktur Direktorat Sistem Pembayaran BI, Ronald Waas usai mengikuti uji kepatutan dan kelayakan Deputi Gubernur BI oleh Komisi XI DPR RI, Senin (5/12). "Peraturannya akan keluar pada pertengah bulan ini, tetapi banyak perubahan yang akan dilakukan BI dalam peraturan APMK tersebut, seperti syarat mendapatkan kartu kredit, dan cara penagihannya," ujarnya.

BI akan mengluarkan sanksi jika penerbit kartu kredit tidak menaati persyaratan yang telah dikeluarkan PBI tentang APMK. Adapun sanksinya seperti pencabutan izin penerbitan kartu kredit. "Meskipun sanksinya tidak secara detail, namun sanksinya bisa meminta penerbit kartu kredit tidak boleh menambah nasabah baru," tegasnya.

Ronald menambahkan, untuk PBI ini tidak ada sanksi denda, sanksi denda itu untuk pelanggaran yang bersifat pelaporan. "Adapun revisi aturan PBI yang baru, seperti usia pemegang kartu kredit diatas 21 tahun, dengan penghasilan 3 juta perbulan, dan batas bunga maksimal hanya 3 persen perbulannya, serta plafon pemberian kredit sebesar 3 kali penghasilannya," jelasnya. [hid]

#pbi apmk #kartu kredit #bi #citibank #melinda dee #har
BERITA TERKAIT
PLTU Tanjung Jati B Jadi Tulang Punggung Jawa-Bali
Sri Mulyani Sebut Insentif Pajak Tembus Rp804 T
Menkop Apresiasi Inkoppas Gandeng BUMDes Pangan
Lindungi Baja Nasional, Bos KS Usul Regulasi Ini
Jaga Ekonomi Nasional, BI Tahan Suku Bunga 5%
Jamaah Umrah RI Naik, Al Eiman Buka 2 Hotel Baru
Bahas IEU-CEPA, RI Wajib Perjuangkan Sawit

kembali ke atas