TEKNOLOGI

Senin, 12 Desember 2011 | 21:10 WIB

Orang Tidak Pede Nikmati Kesialan Orang Lain

Ahmad Taufiqqurakhman
Orang Tidak Pede Nikmati Kesialan Orang Lain
vancouver.24hrs.ca

INILAH.COM, Korea - Sebuah studi terbaru menemukan bahwa orang yang memiliki masalah kepercayaan diri, cenderung menikmati kesialan yang menimpa orang lain.

Menurut penelitian yang dipimpin Wilco Van Dijk dari Leiden University, Belanda, orang-orang yang memiliki rasa percaya diri rendah merasa terancam oleh orang lain yang memiliki harta atau pengalaman lebih.

Dalam psikologi, istilah kejiwaan yang menikmati penderitaan orang lain adalah schadenfreude. Demikian seperti yang dikutip dari ST.

"Menurut saya, jika anda memiliki rasa percaya diri yang rendah, maka anda akan melakukan berbagai cara untuk merasa diri lebih baik. Dan ketika anda menikmati penderitaan orang lain, maka Anda melakukan tindakan schadenfreude," ujar Van Dijk

Penelitian ini mensurvei 70 pelajar yang diberikan dua cerita mengenai murid yang pintar. Pada awalnya para pelajar tersebut nampaknya cukup baik dalam mengerjakan tes tersebut. Namun kemudian, para pelajar mulai 'kelabakan' menghadapi tes tersebut.

Para pelajar di studi ini menandai peringkat persetujuan mereka dengan lima pernyataan, yang dimaksudkan untuk mengukur tingkat schadenfreude mereka. [mor]

#riset #penelitian #studi
BERITA TERKAIT
(Berusia 7,5 Miliar Tahun) Ilmuwan Temukan Materi Tertua di Bumi
Dua Flash Sale, 11.000 Unit Realme 5i Ludes
Sigapnya Suzuki Bantu Pelanggan Terdampak Banjir
Huawei Buka Suara Soal Virus Corona di Indonesia
Pangsa Pasar Toyota Naik Menjadi 32,2%
Telkomsel Perkuat 4G di 5 Lokasi Prioritas Wisata
Cara XL Edukasi Internet Siswa-Siswi SMA dan SMK

kembali ke atas