EKONOMI

Senin, 12 Desember 2011 | 17:13 WIB

Konsumsi Premium Tembus 103%

Mosi Retnani Fajarwati
Konsumsi Premium Tembus 103%
inilah.com/Dok

INILAH.COM, Jakarta - Konsumsi BBM bersubsidi sampai dengan 11 Desember 2011 sudah mencapai angka 39,23 juta kiloliter (KL). Angka ini sudah mendekati target yang ditetapkan dalam APBNP 2011 yang sebesar 40,4 juta KL.

Konsumsi tersebut terdiri dari premium 24 juta KL, minyak tanah 1,6 juta KL dan solar 13,64 juta KL. Angka konsumsi tersebut berarti mencapai 102,8% dari kuota subsidi per 11 Desember 2011 dalam APBN-P. Kuota BBM bersubsidi total adalah 40,4 juta KL sampai akhir tahun ini. Demikian seperti dikutip dar keterangan tertulis PT Pertamina (Persero) di Jakarta, Senin (12/12).

Dibandingkan dengan kuota per 11 Desember 2011, realisasi konsumsi yang terbesar terjadi pada produk premium yaitu mencapai 103,6%. Realisasi konsumsi solar mencapai 102,7%, sementara realisasi konsumsi minyak tanah mencapai 95,1%.

Realisasi konsumsi yang melebihi kuota terutama terjadi di beberapa di wilayah Pulau Sumatera, Pulau Jawa, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Selatan.

Pertamina memastikan dari sisi stok dan distribusi tidak terdapat kendala yang berarti. Adapun stok BBM saat ini mencapai 3,86 juta KL atau cukup untuk 20 hari ke depan.

Pertamina terus berusaha memastikan BBM bersubsidi terdistribusi dengan baik. Pada saat bersamaan Pertamina juga meminta instansi terkait untuk mencegah terjadinya penyelewengan penggunaan BBM. Masyarakat yang mengetahui hal tersebut juga diminta partisipasinya untuk melaporkan kepada pihak berwajib.

#pertamina #konsumsi premium #bbm bersubsidi
BERITA TERKAIT
(Ketidakpastian Ekonomi Global) Ekonom Ingatkan Gelombang Transisi Energi Mendekat
Biosolar & Pertamax Laris Manis di Trans Sumatera
(Terbesar di Asia Tenggara) Mega Proyek PLTGU Jawa I Serap 3 Ribu Tenaga Kerja
Produksi Migas, Pertamina Optimis 910 Ribu MBOEPD
DPRD Sumbar Dorong Penyaluran Solar Sesuai Aturan
Jangan Ada Antrian Solar Subsidi di Merauke
Siasat Pertamina Atasi Antri Solar Subsidi di Biak

kembali ke atas