EKONOMI

Senin, 12 Desember 2011 | 20:28 WIB

BUMN Perkapalan Migrasi Dana ke Capex Rp100 T

Agustina Melani
BUMN Perkapalan Migrasi Dana ke Capex  Rp100 T
Menteri BUMN Dahlan Iskan inilah.com/Agus Priatna

INILAH.COM, Jakarta - Langkah migrasi belanja operasional (opex) menjadi belanja modal (capex) pada BUMN perkapalan diperkirkaan sekitar Rp100 triliun dalam waktu 2 tahun hingga 3 tahun.

Hal itu disampaikan Menteri BUMN Dahlan Iskan, seusai Rapat Koordinator Kementerian BUMN dan BUMN, Senin (12/12). "Migrasi opex menjadi capex sekitar Rp100 triliun bisa ditempuh dalam waktu dua tahun hingga tiga tahun," ujar Dahlan.

Dalam Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan (RKAP) 2011 tercatat biaya operasional BUMN mencapai Rp1.020 triliun. Sementara, belaja modal hanya Rp210,12 miliar. Dana ini akan digunakan untuk pengembangan BUMN perkapalan. Selama ini dana pengembangan sarana transportasi masih sangat terbatas.

Migrasi belanja operasional menjadi belanja modal bukan hal baru sebagian besar BUMN. Biasanya migrasi belanja operasional menjadi belanja modal banyak dilaksanakan terutama ke anak perusahaan.

Penggunaan belanja operasional untuk belanja modal ini digunakan biaya angkut di darat, laut, udara, biaya percetakan, biaya akomodasi hotel, biaya sewa gedung, biaya sewa gudang, biaya hulu migas, biaya hilir migas, dan biaya belanja operasional swasta. [hid]

#bumn #capex #bumn perkapalan #Dahlan Iskan
BERITA TERKAIT
Lindungi Baja Nasional, Bos KS Usul Regulasi Ini
(Polemik Dirut Pertamina) Rizal Ramli: Jonan Lebih Oke Daripada Ahok
Kata Kadin Soal Masuknya Ahok dan Chandra ke BUMN
(Bagi-bagi Jabatan di BUMN) Giliran Bang Celli Golkar Bakal Jadi Bos di BUMN
(Bagi-bagi Jabatan di BUMN) Dibully Gegara Kritik Ahok, RR Santai Saja
Dipanggil Erick, Eks Cicak Vs Buaya Jadi Bos BUMN?
Kalau Ahok Jadi Bos BUMN,Rizal Ramli Bilang Begini

kembali ke atas