BOLA

Kamis, 15 Desember 2011 | 19:29 WIB
(Kejuaraan Dunia Antarklub)

Bekuk Al-Sadd, Barcelona Tantang Santos di Final

Boy Leonard Pasaribu
Bekuk Al-Sadd, Barcelona Tantang Santos di Final
Foto : Getty Image

INILAH.COM, Tokyo Jawara Liga Champions Eropa, Barcelona, tak menemui kesulitan sama sekali untuk mengalahkan jawara Liga Champions Asia, Al-Sadd, pada Kejuaraan Dunia Antarklub di Tokyo, Jepang, Jumat (16/12/11).

Barcelona mendominasi jalannya pertandingan sejak menit awal. Sepanjang 15 menit pertama, bola hampir tak pernah meninggalkan daerah pertahanan Al-Sadd. Tercatat, hanya dua kali bola melewati garis tengah ke daerah Barcelona, dan hanya sekali kiper Victor Valdes menangkap bola.

Meski demikian, Barca juga kesulitan membobol gawang juara Liga Champions Asia tersebut karena mereka menumpuk hingga delapan pemain di daerah pertahanan sendiri. Tendangan ke gawang baru dilepaskan Barca pada menit ke-17.

David Villa mendapatkan umpan terobosan di sebelah kiri kotak penalti Al-Sadd, namun tendangannya masih bisa dihentikan kiper Mohamed Saqr.

Barcelona mencetak gol pembuka pada menit ke-25 memanfaatkan blunder lawan. Gol yang benar-benar mengecewakan bagi pemain Al-Sadd, yang bertahan dengan rapi sepanjang hampir 25 menit. Bek Nadir Belhadj melakukan backpass di saat kotak penalti Al-Sadd dikepung para pemain Barcelona.

Kiper Mohamed Saqr berusaha menyapu bola, namun lebih dulu disambar Adriano. 1-0 Barcelona unggul.

Terus menguasai pertandingan, raksasa Katalunya tersebut mencetak gol kedua tiga menit jelang berakhirnya babak pertama. Umpan dari sayap kanan kepada Pedro di depan kotak penalti diteruskan kepada Adriano. Sontekan sang bek kanan dari dalam kotak penalti berhasil menggetarkan jala lawan untuk kedua kalinya.

Keunggulan 2-0 untuk Barca pun bertahan hingga wasit Joel Aguillar mengakhiri babak pertama.

Jalannya babak kedua tak jauh berbeda dengan babak pertama. Kendali permainan masih sepenuhnya berada di kaki para pemain Barcelona. Tidak ada kesempatan bagi Al-Sadd, bahkan untuk melewati garis tengah saja.

Peluang didapat Barca pada menit ke-62. Tendangan bebas Messi masih dapat ditepis kiper Al-Sadd, Saqr. Namun dua menit kemudian gawang Al-Sadd bobol.

Lionel Messi yang menguasai bola di depan kotak penalti Al-Sadd jeli melihat posisi Keita yang berlari ke daerah kosong di kotak penalti lawan. Umpan terobosan pun dikirimkan. Keita mengelabui kiper Al-Sadd sebelum menceploskan bola ke gawang. 3-0 untuk Barca.

Gol Barcelona bertambah lagi pada menit ke-81. Menerima umpan terobosan di sisi kanan kotak penalti lawan, Maxwell melepaskan tendangan mendatar ke sudut sempit, mengecoh kiper lawan yang melompat ke tiang jauh. Barcelona pun unggul 4-0.

Tak ada gol lagi yang tercipta di sisa sembilan menit terakhir. Barca pun melaju ke final Kejuaraan Dunia Antarklub, dimana wakil dari benua Amerika, Santos, telah menanti.

Daftar Susunan Pemain:

Al-Sadd: Mohamed Saqr; Abdulla Koni, Nadir Belhadj, Ibrahim Abdulmajed, Lee Jung Soo; Wesam Rizki Abdulmajid, Talal Albloushi (Mohammed Al-Yazidi 64), Mohammed Kasola, Abdoul Kader Keita, Khalfan Al Khalfan; Mamadou Niang (Yusef Ali 77).

Barcelona: Victor Valds; Eric Abidal, Carles Puyol, Javier Mascherano, Adriano; Seydou Keita, Andres Iniesta, Thiago; David Villa (Alexis Sanchez 37, Isaac Cuenca 70), Lionel Messi, Pedro.

#barcelona #al-sadd #kejuaraan dunia #antarklub
BERITA TERKAIT
Abidal: Griezmann Masih Kesulitan di Barcelona
Ramos Soroti Jeda Istirahat Madrid Jelang Clasico
Suarez Sarankan Barcelona Cari Penyerang Baru
Valverde Enggan Tanggapi Pernyataan Ivan Rakitic
Luis Suarez Akui Sulit Jadi Striker Barcelona
Carvajal Berharap Barcelona Gagal di Fase Grup UCL
RFEF Sudah Tentukan Tanggal Laga Tunda El Clasico

kembali ke atas