EKONOMI

Sabtu, 17 Desember 2011 | 10:00 WIB

Inilah Proyek Lifting Minyak Nasional pada 2012

Tio Sukanto
Inilah Proyek Lifting Minyak Nasional pada 2012
inilah.com

INILAH.COM, Jakarta - Badan Pelaksana Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (BP Migas) memproyeksikan capaian lifting minyak dan gas bumi nasional di 2012 adalah sebesar 930.000 barel oil per day (BOPD) dan 7915 BBTUD. Proyeksi target tersebut berdasarkan 58 kontraktor kerja sama migas (KKKS) baik yang sudah efektif berproduksi maupun belum.

Demikian disampaikan Deputi Operasional BP Migas, Rudi Rubiandini dalam paparannya kepada wartawan di kantor BP Migas akhir pekan ini.Proyek capaian lifting minyak tersebut dari ke 58 KKKS maka di total akan didapatkan lifting nasional sebesar minyak 930.000 BOPD dan gas 7915 BBTUD.

Untuk mewujudkan capaian target tersebut bahkan BP Migas harus mengeluarkan 3 kebijakan pemikiran "Out of The Box". Pertama adalah meningkatkan pembagian hasil dari Iincrementak Oil EOR yang lebih menarik dibandingkan (85:15). Kedua adalah untuk mempercepat proses proyek besar diperbolehkan melakukan pengadaan terlebih dahulu dengan SOLE RISK (Suspand Account) dan ketiga adalah harga beli sumur tua dari KUD/BUMD akan ditingkatkan.

Sementara khusus untuk mengejar upaya pencapaian target minyak tindakan utama yang akan dilakukan secara teknis adalah meliputi beberapa hal diantaranya adalah menahan laju penurunan alamiah produksi minyak (decline rate) dari 12% menjadi 3% dengan optimasi produksi dari lapangan exsisting.

Juga melaksanakan POP, produksi dari lapangan yang belum masuk masa produksi. Selain itu juga Melaksanakan percepatan pengembangan lapangan baru baik dari lapangan yang POD nya sudah disetujui maupun masih dalam proses persetujuan (Pre-POD) termasuk lapangan idle Pertamina.

Tak lupa melakukan optimasi produksi di lapangan Exsisting. Penerapan Teknlogi EOR. Mengupayakan tindakan khusus dan komprehensif. "out the box" untuk penambahan produksi di luar POD ataupun rencana yang sudah ada. [mel]

#lifiting minyak 2012 #rudi rubiandini
BERITA TERKAIT
Sapu Bersih Garuda, DPR Dukung Tendangan Erick
Ekonomi 2019 Nyungsep, Jangan Remehkan Ramalan RR
Duo Bos Pertamina Menghadap Jokowi, Membahas Ini
Perkuat UMKM, KUR Diprioritaskan ke Produksi
Suahasil Minta Jangan Pandang Sebelah Mata Utang
(RetirePlan) BCA dan AIA Luncurkan Proteksi Retirement Maksima
Industri Pelayaran Dikuasai Asing, Ini Kata Luhut

kembali ke atas