PASAR MODAL

Sabtu, 17 Desember 2011 | 17:30 WIB
(Peraturan No.III.A.3)

Bapepam Revisi Aturan Pemilihan Direktur Bursa

Agustina Melani
Bapepam Revisi Aturan Pemilihan Direktur Bursa
IST

INILAH.COM, Jakarta - Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK) sedang meminta tanggapan mengenai revisi peraturan No.III.A.3 tentang Direktur Bursa Efek.

Demikian seperti dikutip situs Bapepam-LK, akhir pekan ini. Latar belakang revisi peraturan tersebut mempertimbangkan untuk mewujudkan bursa efek yang sehat dan berdaya saing global. Sehingga diperlukan pengelola bursa efek yang memiliki kompetensi, integritas dan independensi yang tinggo.

Dengan pertimbangan tersebut Bapepam-LK merevisi dan menyempurnakan persyaratan tata cara pencalonan dan pemilihan direktur bursa efek. Dalam revisi peraturan tersebut mengatur ketentuan umum di mana bursa efek wajib mempunyai paling sedikit tiga orang direktur.

Bapepam-LK menetapkan jumlah kebutuhan dan jabatan direktur bursa efek antara lain dengan mempertimbangkan masukan dewan komisaris bursa efek jika ada. Direksi bursa efek wajib menyampaikan jadwal dan agenda Rapat Uumum Pemegang Saham dalam rangka pemilihan direktur bursa efek kepada Bapepam-LK paling lambat 120 hari sebelum RUPS pemilihan direktur bursa efek.

Selain itu, revisi peraturan tersebut mengatur tata cara pencalonan dan pengajuan calon direktur bursa efek dan penilaian kemampuan dan kepatutan.

#bapepam #revisi aturan pemilihan direktur bursa
BERITA TERKAIT
Bursa Saham AS Naik Respon Kesepakatan AS-China
PT Bayan Tarik Utang US$190 Juta dari Bank Permata
Pebisnis Inggris Sambut Kemenangan Johnson
Garuda Dukung Erick Tertibkan Anak cucu BUMN
Bursa Asia Rayakan Kesepakatan AS-China
Ini Penopang Bursa Saham AS di Area Positif
IHSG Berakhir Naik 0,9% ke 6.197,31

kembali ke atas