METROPOLITAN

Minggu, 18 Desember 2011 | 03:15 WIB

Kurangi Macet, Pemprov DKI Habiskan Ratusan Miliar

Wahyu Praditya Purnomo
Kurangi Macet, Pemprov DKI Habiskan Ratusan Miliar
inilah.com

INILAH.COM, Jakarta - Masalah kemacetan tampaknya menjadi preoritas utama Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. Untuk mengurangi kemacetan di jalan ibu kota, terpaksa Pemprov DKI menghabiskan Rp 180,359 miliar dari APBD DKI 2011.

Buktinya pada tahun 2011 ini, sudah lima infrastruktur jalan dan jembatan dibangun. Pembangunan lima infrastruktur tersebut yakni tiga jembatan dan dua flyover menjadi preoritas pembangunan di tahun 2011 ini.

Berdasarkan data Dinas PU DKI Jakarta, tiga jembatan yang telah rampung dibangun pada tahun 2011 ini yaitu Jembatan Jalan Pluit Utara, depan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) dengan nilai kontrak Rp 11,466 miliar, Jembatan Muara Angke Tahap II dengan nilai kontrak Rp 2,853 miliar dan Jembatan Cakung Drain sisi utara dengan nilai kontrak Rp 17,139 miliar.

Sementara dua jalan layang atau flyover yang dibangun sepanjang tahun 2011 ini, yakni Jalan Layang Tubagus Angke dengan nilai kontrak Rp 53,847 miliar dan Jalan layang Bandengan dengan nilai kontrak Rp 95,354 miliar. Kedua Jembatan Layang tersebut berada di Jakarta Utara.

Sebagaimana diketahui, Kepala Dinas PU DKI, Ery Basworo, mengatakan, untuk pembangunan infrastruktur jalan layang dan jembatan di tahun 2011 ini menghabiskan biaya sebesar Rp 180,359 miliar.

Pembangunan jembatan dan jalan layang dilakukan kerana DKI tidak mungkin lagi kita menambah jalan vertikal karena keterbatasan lahan, kata Ery, Jakarta, Sabtu (17/12/2011). [mar]

#macet #kemacetan #jalan #bangun jalan #pemprov jakart
BERITA TERKAIT
Lagi, Prostitusi Berkedok Karaoke Ditutup Anies
Polisi Bekuk 55 Preman di Jakarta Selatan
Jakarta Hari Ini Cerah Berawan, Tak Sampai Hujan
Anies Bakal Pecah Dinas Pariwasa dan Kebudayaan
Siang Ini Hujan Basahi Sebagian Besar Jakarta
Motor Tabrak Pembatas Jalan, Satu Tewas
Siang Ini Jaksel-Jaktim Hujan Disertai Petir

kembali ke atas