EKONOMI

Rabu, 21 Desember 2011 | 15:43 WIB

Sinar Mas Land Anggarkan Capex Rp3,25 T di 2012

Agustina Melani
Sinar Mas Land Anggarkan Capex Rp3,25 T di 2012
IST

INILAH.COM, Jakarta - Sinar Mas Land, salah satu pengembang properti semakin serius mewujudkan visi untuk menjadi The leading property developer in South East Asia menganggarkan belanja modal sebesar Rp3,25 triliun pada 2012.

Michael Widjaja, Group CEO Sinar Mas Land mengatakan, untuk tahun 2012, Sinar Mas Land sudah menyiapkan investasi untuk Capital Expenditure & Investment activities sebesar Rp3,25 triliun, di mana sebagian besar dari dana tersebut akan dialokasikan untuk akuisisi tanah. Sinar Mas Land pada tahun 2012 masih akan fokus pada pengembangan proyek-proyek township/ residential dan proyek komersial. Proyek township/residential masih akan jadi fokus Sinar Mas Land. Di BSD City saja kita masih memliki lahan sekitar 4.500 hektar lagi jadi masih banyak ruang untuk melakukan pengembangan, begitupun di Kota Deltamas Cikarang yang saat ini masih memiliki land bank lebih dari 2.000 hektar untuk dilakukan pengembangan di sektor residensial maupun industrialnya yaitu di Greenland International Industrial Center (GIIC) yang juga berada di kawasan tersebut. Pasar properti pada tahun 2012 masih sangat prospektif. Kebutuhan masyarakat terhadap properti hijau yang menjadi komitmen kami juga semakin diminati, jelas Michael demikian seperti dikutip dari siaran pers, Rabu (21/12).

Michael menambahkan, di 2012 Sinar Mas Land berencana menambah land bank di kawasan Jawa Timur, Bali dan Kalimantan Timur. Sinar Mas Land kemungkinan besar akan ekspansi ke 2-3 kota baru dalam waktu 3 tahun mendatang yang sebelumnya tidak terdapat di portofolio Sinar Mas Land.Tak hanya itu, Sinar Mas Land juga akan mengembangkan bisnisnya ke luar negeri. Untuk jangka pendek, ada beberapa negara di kawasan Asia Tenggara yang tengah dijajaki serius.

Michael menuturkan, untuk mempercepat pertumbuhan dan pengembangan proyek terutama di luar negeri, Sinar Mas Land akan menggandeng partner strategis di negara-negara tersebut. Hal ini juga akan dilakukan di domestik, karena sebelumnya Sinar Mas Land juga telah berpengalaman dalam bekerjasama dengan sejumlah partner strategis, seperti Sojitz Japan, dan Itochu Japan.

Dilanjutkan Michael, proyek Komersial seperti Greenland International Industrial Centre (GIIC) Kota Deltamas, Cikarang, Karawang International Industrial City (KIIC) dan beberapa proyek komersial baru yang akan dibangun di tahun 2012 oleh Sinar Mas Land ditargetkan memberikan kontribusi sekitar 45 % dari total target penjulan Sinar Mas Land tahun 2012.Sementara sekitar 37 % pendapatan lainnya di tahun 2012 akan diperoleh dari proyek-proyek residential dibawah naungan Sinar Mas Land. Proyek Residential tersebut diantaranya yang berada di BSD City, Grand Wisata Bekasi, Kota Wisata Cibubur, Legenda Wisata Cibubur, Taman Permata Buana Jakarta serta berbagai proyek residential lainnya termasuk yang berada di Surabaya dan Balikpapan. Sedangkan unit bisnis strategis Asset Management seperti, penyewaan ruang mall/trade center, Gedung Perkantoran, Hotel Le Grandeur, serta berbagai proyek asset management lainnya ditargetkan berkontribusi sebesar 15 % dari total target penjualan. [cms]

#sinar mas land #capex #michael widjaja
BERITA TERKAIT
Nasib Bisnis Vape, Terawan Janji Tampung Aspirasi
Indef: Bos BUMN Harus Steril Parpol & Kasus Hukum
(Swasembada Hortikultura) KPPU: Lanjutkan Wajib Tanam Importir Bawang Putih
Revisi PP 109/2012 Ancam Industri Hasil Tembakau
Panarub Group Berkesan Soal Fasilitas KB Bea Cukai
BC Banyuwangi Menuju Birokrasi Bersih dan Melayani
PLTU Tanjung Jati B Jadi Tulang Punggung Jawa-Bali

kembali ke atas