NASIONAL

Rabu, 21 Desember 2011 | 21:33 WIB

Divonis Salah, Mantan Dirut PLN Merasa Terhormat

Bayu Hermawan
Divonis Salah, Mantan Dirut PLN Merasa Terhormat
Eddie Widiono inilah.com/Agus Priatna

INILAH.COM, Jakarta - Meski merasa kecewa dengan keputusan Hakim Tipikor Jakarta yang memvonis 5 tahun penjara, namun mantan Dirut PLN Eddie Widiono mengaku menerima keputusan tersebut.

"Saya merasa lebih terhormat dipenjara sistem yang dzolim, daripada menjadi bagian dari sistem yang dzolim itu," kata Eddie Widiono, Rabu (21/12/2011).

Sebelumnya Majelis Pengadilan Tipikor Jakarta yang diketuai Cokorde Ray Suamba, menjatuhkan vonis 5 tahun penjara terhadap Eddie Widiono. Mantan Dirut PLN itu dinilai telah melakukan korupsi dalam proyek pengadaan Costumer Information System-Rencana Induk Sistem Informasi (CIS-RISI) PLN Disjaya-Tangerang tahun 2004-2006.

Dalam amar putusannya majelis hakim menyatakan Eddie tidak terbukti melawan hukum dan memperkaya diri sendiri maupun keluarganya sebagaimana dalam dinyatakan jaksa penuntut.

Dalam Dakwaan primernya jaksa menyatakan Eddie Widiono menerima suap sebesar Rp 2 milyardari PT Netway Utama yang menjadi rekanan PLN dan istri atau kerabat Eddie menerima check sebesar Rp850 juta dalam proyek pengadaan CIS-RISI di PLN Disjatim.

Kendati begitu hakim sepakatdengandakwaanJaksabahwa Eddie terbuktimelanggarPasal 3 UU No 31 Tahun 1999 Jo UU no 20/2001 tentang Tindak Pidana Korupsi karena telah memperkaya orang lain.

"Walau pun dihukum tapi Pak Eddie bisa meninggalkan ruang sidang dengan kepala tegak, karena hakim menyatakan tidak ada uang sepeser pun yang diterima Pak Eddie maupun keluarganya," ujar Maqdir Ismail pengacara Eddie Widiono.

Maqdir mempersoalkan vonis hakim yang menyatakan bahwa Eddie melanggar UU korupsi karena memperkaya orang lain. Sebab bukti-bukti yang diajukan oleh jaksa adanya penerimaan uang dari PT Netway kepada sejumlah karyawan PLN dan pegawai pajak tidak ada kaitannya dengan Eddie Widiono."Saya kira ini putusannya tidak nyambung," tegasnya.[bay]

#sidang #korupsi #mantan #dirut pln
BERITA TERKAIT
Petinggi 2 PT ini Jadi TSK di KPK
KPK Cecar Lukman Hakim Soal Pengelolaan Haji
Terpidana Korupsi Proyek PLN Batubara Diciduk
Ketum FKPPI: Golkar Butuh Terobosan Bamsoet
KPK Panggil Dirut Petrokimia Gresik
(Alasan Pemuda Pancasila Dukung Bamsoet) Airlangga Jalankan Kepemimpinan Elitis
KPK Ikutan Gugat UU Nomor 19 Ke MK

kembali ke atas