NASIONAL

Jumat, 23 Desember 2011 | 21:00 WIB

KPK Bertekad Selesaikan Kasus Besar dalam Setahun

Santi Andriani
KPK Bertekad Selesaikan Kasus Besar dalam Setahun
Ketua KPK Abraham Samad inilah.com/Agus Priatna

INILAH.COM, Jakarta- Pimpinan KPK yang berjumlah lima orang memutuskan akan bersama-sama bertanggungjawab pada bidang penindakan sekaligus pada bidang pencegahan. Dua hal yang sebelumnya dipisahkan, kini disatukan dan berada di bawah tanggung jawab lima pimpinan itu.

Kebijakan itu diambil dengan alasan agar penuntasan kasus besar bisa diselesaikan dalam setahun kepemimpinan mereka. "Sehingga upaya kita untuk lebih mempercepat (penyelesaian) kasus-kasus besar dalam setahun ini. Sehingga janji kita dalam setahun dapat menyelesaikan satu kasus besar bisa terealisasi," ujar Ketua KPK, Abraham Samad di gedung KPK, Jakarta, Jumat (23/12/2011).

Keputusan ini, kata Abraham, diambil berdasarkan rapat pimpinan yang dilakukan siang hingga petang tadi. Lalu kasus-kasus apa yang dimaksud Abraham menjadi kasus besar dan akan diprioritaskan untuk diselesaikan dalam setahun ini, Abraham menolak menspesifikan.

"Prioritasnya semua kasus besar yang sudah jadi utang kita dan sudah dipublikasikan, semua yang diberitakan oleh media massa. Itu yang jadi prioritas," bebernya.

Ketua KPK, Abraham Samad mengatakan, lima orang pimpinan KPK saat ini, Busyro Muqoddas, Bambang Widjojanto, Adnan Pandu Praja dan Zulkarnaen dan dirinya sendiri akan fokus pada bidang penindakan.

"Bahwa banyak kasus besar yang jadi perhatian publik dan juga kita pimpinan KPK berlima, kita putuskan bahwa pimpinan kelima ini mengkonsentrasikan dirinya pada bidang penindakan," ujar Abraham di gedung KPK, Jakarta, Jumat (23/12/2011).

Abraham menjelaskan, tidak ada pembagian wakil ketua siapa yang harus bertanggung jawab di bidang penindakan dan pencegahan seperti yang selama ini terjadi. Katanya, pimpinan berlima itu pun merangkap bertanggungjawab terhadap bidang pencegahan. [tjs]

#Abraham samad #pimpinan kpk #busyro #nazaruddin #cent
BERITA TERKAIT
Santri Keracunan Tongkol, Polisi Periksa 5 Saksi
Waspada! Uang Palsu Bekasi Beredar di Malang
Kejaksaan Berantas Pungli IMB di Depok
Bendahara Jaringan Kelompok Bom Medan Ditangkap!
Puting Beliung Hantam Puluhan Rumah di Jember
Bom Medan, Polisi Kembali Amankan 26 Tersangka
(Dalam Asean Defence Ministers Meeting) Prabowo Bertemu Menhan Jepang, AS & New Zealand

kembali ke atas