EKONOMI

Rabu, 28 Desember 2011 | 16:15 WIB

Kadin Minta Bunga Kredit di Bawah 8%

Dian Ihsan Siregar
Kadin Minta Bunga Kredit di Bawah 8%
IST

INILAH.COM, Jakarta - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia mengharapkan suku bunga kredit perbankan bisa berada di bawah 8%.

"Saya berpikir kalau di angka 8 persen masih pada kenyataan untuk bisa kita capai nantinya. Dan ini harus dilakukan pemerintah dengan kerja keras. Mengingat suku bunga acuan Bank Indonesia (BI Rate) sudah berada di angka 6 persen," ujar Ketua Umum Kadin Bambang Suryo Sulisto dalam acara 'Catatan Akhir Tahun Menyongsong 2012' di Jakarta, Rabu (28/12).

Dia menuturkan, agak aneh jika BI rate sudah turun tetapi suku bunga perbankan masih tinggi. Sejauh ini, Kadin Indonesia melihat upaya yang dikerjakan oleh BI tidak diikuti dengan penurunan tingkat bunga bank-bank yang komersil.

"Kontribusi bank-bank komersil juga pada investasi perusahaan dan kapital kerja masih rendah, sekitar masing-masing 25 persen dan 21 persen sehingga kurang mendorong perkembangan sektor riil," tegasnya.

Suryo menambahkan, usaha yang lebih tinggi diperlukan untuk mewujudkan hal tersebut. Ini penting demi meningkatkan daya saing usaha-usaha nasional terhadap negara-negara tetangga yang ada. [cms]

#bunga kredit #kadin #bambang suryo sulisto
BERITA TERKAIT
Jamaah Umrah RI Naik, Al Eiman Buka 2 Hotel Baru
Bahas IEU-CEPA, RI Wajib Perjuangkan Sawit
Bos Bulog Kenalkan Anak Buah Anyar ke DPR
Jokowi Patok Peringkat 40 Indeks Kemudahan Bisnis
(Ketidakpastian Ekonomi Global) Ekonom Ingatkan Gelombang Transisi Energi Mendekat
Genjot Daya Saing Industri, Airlangga Ingatkan Ini
Biosolar & Pertamax Laris Manis di Trans Sumatera

kembali ke atas