PASAR MODAL

Rabu, 28 Desember 2011 | 20:32 WIB

Imbal Hasil Obligasi Italia Turun Jadi 3,25%;

Wahid Ma'ruf
Imbal Hasil Obligasi Italia Turun Jadi 3,25%;
Foto:Ist

INILAH.COM, Roma - Biaya obligasi dalam lelang obligasi Italia menurun pada Rabu (28/12) setelah indeksi modal bagi perbankan dari Bank Sentral Eropa (ECB).

Pemerintah Italia melelang obligasi senilai 9 miliar euro atau setara dengan US$11,8 miliar untuk 6 bulan. Lelang tersebut mencatat imbal hasil sebesar 3,25% dibandingkan pada lelang bulan November lalu mencapai 6,5%. Demikian mengutip yahoofinance.com.

Namun analis memperingatkan kekhawatiran pasar bisa muncul lagi. Sebab imbal hasil yang rendah masih harus diuji lagi pada lelang hari Kamis besok. Italia akan melelang obligasi jangka panjang senilai 8,5 miliar euro untuk tiga dan sepuluh tahun ke atas.

Untuk permintaan lelang hari ini mencapai 1,69 kali dari jumlah yang ditawarkan pemerintah dengan perbandingan 1,5 pada akhir November lalu. Ini adalah penjualan obligasi pertama dari pemerintah Italia sejak ECB menawarkan pinjaman lunak senilai 490 miliar euro untuk tiga tahun. Kebijakan ini diluncurkan pada 21 Desember lalu.

Sebelum libur Natal kemarin, pemerintah Italia memutuskan penghematan anggaran. Kebijakan ini untuk meningkatkan kepercayaan pasar lagi.

#wall street #laporan kuartal3 #utang eropa #dolar #em
BERITA TERKAIT
Bursa Saham Asia Khawatirkan Nasib Tarif AS-China
Laba PT Sidomulyo Turun Jadi Rp15,3 Miliar
Saham Alibaba Jadi Incaran Investor?
Apa Hasil Pertemuan Trump dan Powell?
Ketidakpastian AS-China Tekan Bursa Saham Asia
Inilah Kebuntuan Sikap AS-China Bahas Tarif
Harga Minyak Berjangka Tertekan Sikap AS-China

kembali ke atas