PASAR MODAL

Jumat, 06 Januari 2012 | 18:21 WIB

Jerman Tetap Jadi Kunci Utama Atasi Krisis Eropa

Wahid Ma'ruf
Jerman Tetap Jadi Kunci Utama Atasi Krisis Eropa
IST

INILAH.COM, Amsterdam - Bank Sentral Eropa (ECB) mengharapkan Jerman mendukung dana bailout untuk membantu Uni Eropa mengatasi krisis utang.

Harapan tersebut disampaikan anggora Dewan ECB, Klaas Knot dalam sebuah wawancara di Belanda, Jumat (6/1) yang dikutip dari bloomberg.com. "Jerman merupakan kendala utama saat ini, bukan Belanda. Saya berpikir lebih banyak dana yang akan dibutuhkan dan kami menggunakan waktu yang ada untuk meyakinkan Jerman," katanya.

Namun, Kanselir Jerman Angela Merkel sudah menolak untuk mendukung dana bailout tersebut. Sebab saat ini dana yang tersedia tidak akan cukup untuk membantu negara seperti Italia dan Spanyol. Jerman tetap menekankan disiplin anggaran sebagai cara terbaik untuk mengatasi krisis yang sudah masuk tahun ketiga ini.

"Kami belum berada di jalur yang benar karena langkah yang dilakukan terlalu lambat dan jumlahnya terbatas. Jadi diperlukan percepatan pengambilan keputusan untuk hal ini," lanjutnya.

Dua pihak koalisi Merkel di parlemen telah menolak meningkatkan dana talangan Eropa untuk mengurangi beban krisis. Anggaran 500 miliar euro atau setara dengan US$640 miliar untuk mendukung mekanisme stabilitas permanen di Eropa akan dimulai pada tahun ini.

Dengan sentimen negatif saat ini, Knot tidak mengkhawatirkan penurunan euro terhadap dolar. Sebab intu sebagai fluktuasi wajar dari nilai tukar. Selama ini euro telah menunjukkan kestabilannya terhadap mata uang lain.

#wall street #laporan kuartal3 #utang eropa #dolar #em
BERITA TERKAIT
Kartu Kredit Topang Transaksi di Singles Day
SMP Binaan AALI Mampu Berprestasi Skala Nasional
Buffett Kurangi Saham Apple, Beli Saham Tambang
Permintaan Minyak Mentah Naik Jadi 1,1 Juta Barel
Wow! Utang Global Kian Naik Jadi US$250 Triliun
Isu Perang Tarif Bawa Harga Minyak Naik Hampir 2%
Rekor di Bursa Saham Tekan Harga Emas

kembali ke atas