EKONOMI

Jumat, 06 Januari 2012 | 19:58 WIB

Inilah Tingkat Kepatuhan Agen Reksa Dana

Dian Ichsan Siregar
Inilah Tingkat Kepatuhan Agen Reksa Dana
Foto : Ist

INILAH.COM, Jakarta - Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK) telah melaksanakan pemeriksaan kepatuhan dan penelaahan kontrak pengelolaan dana (KPD) di periode tahun 2011.

"Kami telah melaksanakan pemeriksaan kepatuhan dan penelaahan kontrak pengelolaan dan (KPD) di periode tahun 2011," ujar Kepala Biro Pengelolaan Investasi Bapepam-LK, Djoko Hendarto dalam acara diskusi pengelolaan investasi di Gedung Bapepam LK, Jumat (6/1).

Dirinya mengungkapkan, telah melakukan pemeriksaan sekitar 26 manajer investasi (MI), 4 Bank Kustodian (BK) dan 18 agen penjual efek reksa dana (APERD) pada satu kantor pusat dan 97 kantor cabang APERD. Selama periode tahun 2011 juga telah melaksanakan pemeriksaan kepatuhan terhadap 291 reksa dana termasuk reksa dana penyertaan terbatas (RDPT) dan reksa dana terproteksi, dan 1 efek beragun aset (EBA).

Dalam pemeriksaan kepatuhan terhadap MI tersebut, telah ditemukan beberapa MI yang belum memenuhi ketentuan peraturan terkait dengan pelaksanaan fungsi-fungsi MI. Peraturan yang terkait dengan pengelolaan dana dan penerapan prinsip mengenal nasabah (PMN).

Untuk pemeriksaan kepatuhan terhadap BK, telah ditermukan beberapa BK yang perlu melakukan perbaikan terkait dengan capacity building, kecukupan SDM, SOP, sistem informasi, complience, pengawasan pengelolaan investasi reksa dana. Jadi ada 2 BK telah diperintahkan melalkukan pembatasan kegiatan usaha.

Dalam pemeriksaan kepatuhan terhadap kantor cabang APERD, juga ditemuka ketidak sesuaian dengan peraturan yang berlaku, diantaranya yang terkait kecukupan tenaga pemasaran, kelengkapan SOP, dan ketiadaan prospektus terbaru. Jadi terdapat 2 APERD yang diberikan perintah melakukan tindakan tertentu dengan pembatasan kegiatan usaha.

Terakhir pemeriksaan kepatuhan terhadap reksa dana, beberapa MI selaku pengelola reksa dana diberikan pembinaan untuk perbaikan pemenuhan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku. [hid]

#reksa dana #bapepam #aperd #dana kelolaan #dana asing
BERITA TERKAIT
OJK Cabut Izin BPR Fajar Artha Makmur Depok
KLHK Usulkan 2 RUU Masuk Prolegnas Tahun 2020-2024
Operasi Jaring Wallacea Ditutup, BC Patroli Laut
Mentan Harap Dukungan IPB Soal Program Pertanian
Menteri Teten Ajak Satukan Spirit Majukan Koperasi
Jasa Raharja Siap Santuni Korban Tol Kanci-Brebes
Kementan dan IPB Kolaborasi untuk Pertanian 4.0

kembali ke atas