EKONOMI

Minggu, 08 Januari 2012 | 09:18 WIB
(Dijadikan Lahan Tambang)

Bupati Konawe Selatan Tinjau Ulang HGU Ifisdeco

Charles MS
Bupati Konawe Selatan Tinjau Ulang HGU Ifisdeco
inilah.com/Wirasatria

INILAH.COM, Jakarta Bupati Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara H. Imran memenuhi tuntutan warga yang meminta peninjauan ulang Hak Guna Usaha (HGU) PT Ifishdeco dari perkebunan menjadi ijin areal pertambangan nikel.

Hal ini diungkapkan Gasali, SH, kuasa hukum warga desa 4 di Konawe Selatan, usai pertemuan antara Bupati dan perwakilan warga, Kamis (5/12). Gasali menjelaskan, tuntutan masyarakat agar meninjau ulang HGU Ifisdeco dan hak adat masyarakat diakui oleh Bupati. Namun, hal ini masih harus dikoordinasikan dengan pihak Badan Pertanahan Nasional (BPN), kata Gasali ketika dihubungi beberapa waktu lalu.

Ditambahkannya, proses peninjauan ulang ini diharapkan akan selesai dalam waktu 1 minggu. Sebelumnya, ratusan warga yang tersebar diempat desa yaitu Lalonggasu, Ngapaaha, Rasini dan Roraya menduduki jalan produksi perusahaan pertambangan nikel, PT Ifishdeco. Aksi warga ini dilakukan untuk menuntut ganti rugi lahan milik mereka yang kini dikuasai perusahaan tersebut.

Selain itu, Bupati juga memutuskan untuk mengembalikan jabatan Kepala Desa Lalonggasu, Gosir yang sebelumnya dicopot karena bersuara vokal membela kepentingan warga. Pak Gosir akhirnya kembali menjadi Kades di Lolanggasu, ungkap Gasali.

Perjuangan warga untuk mendapatkan ganti rugi lahan milik mereka seluas 4.000 hektar ini sudah berlangsung selama 3 tahun, namun penyelesaiannya tersendat-sendat. Penguasaan atas lahan milik mereka dinilai melanggar hukum, karena Pemda setempat hanya memberikan legalitas PT Ifishdeco sebagai pemegang HGU perkebunan. Namun belakangan lahan warga diketahui telah dijadikan sebagai areal pertambangan nikel oleh perusahaan.

Pihak Ifisdeco sendiri mengklaim telah mengantongi izin HGU nomor 2 tahun 1993 sampai dengan 2016 dan digunakan untuk menanam jambu mente. Namun akhirnya gagal, karena ternyata setelah diteliti tanahnya mengandung nikel.

#PT Ifisdeco #HGU #bupati konawe selatan #imran
BERITA TERKAIT
Genjot Daya Saing Industri, Airlangga Ingatkan Ini
Biosolar & Pertamax Laris Manis di Trans Sumatera
Dorong Properti, BTN Syariah Buka Cabang Kendari
(Denpasar) Bea Cukai Musnahkan Barang Ilegal Senilai Rp1,3 M
BC Jateng-DIY Berikan Izin KB PT Rubber Pan Java
Langkah PLN Capai Rasio Elektrifikasi 100 Persen
Allianz Indonesia Gencar Otomatisasi Digital

kembali ke atas