TEKNOLOGI

Minggu, 08 Januari 2012 | 14:47 WIB

Aqua, Alias Prius Junior

Bachtiar Abdullah
Aqua, Alias Prius Junior

INILAH.COM, Bangkok - Toyota kembali meluncurkan mobil bertenaga hibrida yang siap bertempur pada segmen pasar hatchback lebih murah, dengan nama Prius C.

Prius C alias Junior ini lebih mungil daripada para Prius atau Camry. Supaya gampang membedakannya, di Jepang, Toyota Prius C ini diberi nama Aqua. Dimensinya beda tipis dari Toyota Yaris yang sudah popular di Asean, termasuk Indonesia.

Kalau orang bertanya ke kantor Toyota, singkatan huruf C pada Prius, sebenarnya bermakna apa? Orang Toyota bakal bilang, C berarti ya City. Mobil kota. Dengan namaPrius C akan memudahkan mobil ini masuk dalam kategori Keluarga Prius, meskipun Prius yang lain punya lima sampai tujuh jok penumpang.

Desain interiornya masih segaris dengan keluarga Prius lainnya. Secara konsep Prius mini ini sama dengan Keluarga Prius lainnya. Sistem full hibrida bensin/elektrik-nya sama. Hanya Prius C bermesin 1.500 cc yang kira-kira menghasilkan 110 hp, sedangkan Prius 1.800 cc menghasilkan 134 hp. Prius Mini bisa mengirit konsumsi bensin sampai 35 Km/liter, sedangkan Prius besar 26 km/liter.

Thailand adalah salah satu dari tiga basis produksi Prius. Toyota akan mengubah fasilitas pabrik perakitan di Thailand menjadi pabrik perakitan mobil penumpang dengan teknologi hijau, ramah lingkungan. Diprerkirakan harga Prius C kurang lebih 800.000 baht (Rp 240 jutaan), sedangkan Prius bongsor 1,3 juta baht. Prius C termasuk mobil yang irit bensin, 35 km/liter, karena itu bakal laku di negara-negara Asean.

Entah kapan Toyota Astra Motor akan meluncurkan mobil kecil ramah lingkungan ini. Mungkin TAM menunggu kebijakan pemerintah (Kementerian Keuangan/ Perindustrian/Perdagangan) agar memberi insentif pajak dan mulai menyadari bahwa mobil irit semacam ini juga menghemat anggaran pemerintah untuk membeli bahan bakar minyak. [Dari berbagai sumber]

#prius #toyota
BERITA TERKAIT
Marcus Gideon Jadi Pembeli Pertama Toyota GR Supra
Toyota Sabet 8 Penghargaan GridOto Award 2019
Festival Avanza-Veloz Sebangsa Hibur Warga Bandung
(Toyota Jamboree 2019) Tanamkan Nilai Semangat 'Start Your Impossible'
Lewat Yaris, Toyota Dukung Gelaran DWP 2019
(Jelajahi Indonesia) Toyota Aplikasikan Semangat Genchi Genbutsu
(Balapan ITCR Max dan JSTC) Pembalap Toyota Sapu Bersih Podium Tertinggi

kembali ke atas