NASIONAL

Minggu, 08 Januari 2012 | 20:05 WIB

Anggota KPU Lama Diimbau Tak Daftar Lagi

Soemitro
Anggota KPU Lama Diimbau Tak Daftar Lagi
Abdul Malik Haramain MI

INILAH.COM, Jakarta - Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) lama, sepatutnya tidak mengikuti lagi dalam seleksi anggota komisiener KPU baru. Meski tidak ada larangan, namun secara etik mereka selayaknya tidak perlu mencalonkan kembali.

Hal ini dilakukan untuk memberikan kesempatan bagi calon-calon anggota komisioner KPU yang baru, sekaligus menghapus adanya bayang-bayang berbagai kasus yang menimpa KPU sekarang.

Demikian disampaikan politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Abdul Malik Haramain, saat dihubungi, Minggu (8/1/2012).

Dia mengatakan, Tim Seleksi (Timsel) Komisi Pemilihan Umum (KPU) seharusnya mempertimbangkan berbagai aspek menyangkut latar belakang calon anggota komisioner KPU baru. Salah satunya buramnya rekam-jejak anggota KPU lama pada penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) 2009 lalu.

"Reputasi dan kinerja anggota KPU periode yang lama harus menjadi pertimbangan utama bagi Timsel dalam menyeleksi anggota KPU yang baru," tegasnya.

Malik mengungkapkan bagaimana banyaknya bukti, rekomendasi dan pendapat berbagai kalangan masyarakat mengenai KPU di bawah kepemimpinan ketuanya, Abdul Hafiz Anshari. Menurutnya ada carut-marut penyelenggaraan Pemilu 2009, yang berasal dari catatan atau rekomendasi dari panitia angket DPR, catatan Mahkamah Konstitusi (MK), Komnas HAM, serta sejumlah masyarakat yang menilai menilai kinerja KPU periode sebelumnya.

"Sebetulnya tidak ada larangan untuk mencalonkan lagi, namun secara etika, sebaiknya anggota KPU periode yang lama tidak perlu mencalonkan lagi. Beri kesempatan kepada calon-calon anggota KPU yang benar-benar baru," ujar dia. [mvi]

#kpu #seleksi
BERITA TERKAIT
Iwan Bule Semangati Timnas Senior di Malaysia
Prabowo Apresiasi Hubungan RI dengan China
Ada Ledakan di Kejari Pare-Pare, Polisi Cek TKP
Prabowo Bahas Isu Strategis di Pertemuan ADMM
Prabowo Bahas Kerjasama Pertahanan dengan Rusia
Sekolah Diserang Ulat Bulu, Murid Dipulangkan
Satpol PP Razia Kos, Wanita Ini Ngumpet di Lemari

kembali ke atas