BOLA

Minggu, 08 Januari 2012 | 23:45 WIB
(Seri-A: Atalanta vs AC Milan)

Milan Hadiahi Atalanta Kekalahan Kandang Pertama

Anry Dhanniary
Milan Hadiahi Atalanta Kekalahan Kandang Pertama
Getty Images

INILAH.COM, Bergamo - AC Milan berhasil mempertahankan puncak klasemen Seri-A dari ancaman Juventus. Dua gol Milan ke gawang Atalanta cukup mengamankan tiga poin penting.

Pada pertandingan yang berlangsung Minggu malam WIB (9/1/2012), keunggulan tim tamu dibuka oleh penalti Zlatan Ibrahimovic dibabak pertama, kemenangan pasukan Massimiliano Allegri pun hampir dipastikan setelah Kevin-Prince Boateng kembali membobol gawang Atalanta menit ke-82.

Hasil ini sudah pasti membuat 'Rossoneri' tetap bercokol di puncak klasemen dengan 37 poin, dan kemenangan ini sekaligus menghadiahi Atalanta kekalahan pertama di Stadio Bergamo musim ini.

Kekalahan pertama dikandang itu, ketiga sepanjang musim, membuat posisi Atalanta melorot ke peringkat 13, apalagi dibebani dengan pengurangan enam poin akibat keterlibatan dengan calciopoli.

Pada pertandingan yang digelar si Stadio Bergamo, Atalanta sudah langsung menekan sejak peluit awal ditiupkan wasit dan membuat peluang pada menit pertama lewat Matias Schelotto, namun tendangannya masih bisa dihadang Christian Abbiati.

Namun alih-alih mencetak gol, Atalanta malah harus kebobolan pada menit-ke 22. Manfredini menjatuhkan Pato didalam kotak terlarang, eksekusi penalti yang diambil Zlatan Ibrahimovic pun berhasil merobek gawang Consigli.

Kejebolan ini sudah pasti pukulan telak bagi tuan rumah, yang tampil mendominasi paruh pertama, namun permainan mereka masih terlihat baik selepas ketinggalan.

Milan mulai tampil lebih baik di lima menit terakhir pertandingan. Kombinasi Emmanuelson, Van Bommel dengan Pato mulai terlihat padu meski tidak ada peluang berarti yang tercipta hingga peluit turun minum ditiupkan wasit.

Memasuki babak kedua, Atalanta langsung tampil ofensif dan menciptakan peluang lewat tendangan dari kotak penalti yang memaksa Abbiati bekerja keras menghalau gawangnya jangan sampai kebobolan.

Menit 58 Atalanta mendapat peluang emas. Berawal dari sepak pojok yang disambut sebuah tandukan pelan, Denis langsung menyambut bola dengan kakinya namun bola masih membentur tiang dan menjauh dari gawang.

Milan mulai kembali memanaskan babak kedua. Robinho bekerja sama dengan Ibra, sebelum striker Swedia itu melepaskan tendangan keras. Beruntung Manfredini masih tampil cemerlang dan menepis bola untuk menjadi sepakpojok.

Akhirnya AC Milan berhasil menggandakan keunggulan pada menit ke-82. Menyambut umpan panjang Gianluca Zambrotta, Ibra dengan cemerlang menaklukan Manfredini sebelum memberikan umpan matang pada Kevin-Prince Boateng yang tinggal menyontek masuk bola. Skor berubah jadi 2-0 untuk keunggulan tim tamu.

Satu menit berselang, Nocerino hampir membuat Milan unggul 3-0. Sayang eks gelandang Palermo itu gagal mengontrol umpan Robinho, padahal sudah berdiri bebas didepan gawang.

Skor 2-0 bertahan sampai wasit meniupkan peluit panjang, dan membuat AC Milan tetap menjadi capolista.

Skuad Lengkap:
Atalanta: Consigli; Masiello, Ferri, Manfredini, Peluso; Schelotto (Gabbiadini 79'), Cigarini, Carmona (Bonaventura 71'), Padoin; Marilungo (Tiribocchi 56'); Denis.

AC Milan: Abbiati; Bonera, Mexes, Thiago Silva, Zambrotta; Boateng, Van Bommel, Nocerino; Emanuelson; Pato (Robinho 68'), Ibrahimovic.

BERITA TERKAIT
Ibrahimovic Ingin Pensiun di Italia?
Giroud Sepakat Gabung ke Inter Milan?
Kalah dari Persebaya, PSM Kurang Beruntung
(Kualifikasi Piala Eropa 2020) Prancis Susah Payah Kalahkan Moldova 2-1
(Kualifikasi Piala Eropa 2020) Ronaldo Hatrik, Portugal Libas Lithuania 6-0
(Kualifikasi Piala Eropa 2020) Hajar Montenegero 0-7, Inggris Lolos ke EURO 2020
Demi Ibrahimovic. Milan Bakal Jual Tiga Pemain

kembali ke atas