PASAR MODAL

Selasa, 10 Januari 2012 | 17:59 WIB
(Transaksi Elektronik pada Reksa Dana)

KSEI Siapkan Infrastruktur Pendukung

Agustina Melani
KSEI Siapkan Infrastruktur Pendukung
IST

INILAH.COM, Jakarta - PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) menyatakan, siap untuk memfasilitasi infrastruktur bila transaksi elektronik pada reksa dana terapkan.

Direktur Utama KSEI, Ananta Wiyogo menuturkan, meski pihaknya siap memfasilitasi infrastruktur transaksi elektronik pada reksa dana, tapi pihaknya tidak menjadi pihak yang berkepentingan. "Kami hanya menyediakan perangkatnya tetapi kami dalam transaksi tersebut tidak ikut menjadi pihak yang berkepentingan," ujar Ananta, Selasa (10/1).

Lebih lanjut Ananta menambahkan, wacana tersebut juga masih sebatas pembicaraan. Hal ini dikarenakan masih belum menjadi prioritas bagi otoritas bursa meski Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK) sudah membahasnya meski secara internal.

Itu baru dalam tahap wacana pembicaraan, sekarang prioritasnya bukan itu tapi transisi ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK), tegas Ananta.

Sebelumnya, Kepala Biro Pengelolaan Investasi Bapepam-LK, Djoko Hendratto mengatakan, pihaknya tengah mempersiapkan aturan yang memperbolehkan pelaksanaan transaksi elektronik pada reksa dana. Bila dalam beberapa bulan ke depan aturan itu bisa diselesaikan, maka dapat menjadi lompatan besar dalam pengembangan reksa dana. Dalam aturan ini, transaksi elektronik nanti bisa dilakukan secara ritel dan harian.

Terkait pelaksanaan aturan, ada kemungkinan Bapepam-LK akan mengikutsertakan KSEI untuk mencegah konflik kepentingan. [hid]

#ihsg #dana asing #foreign buy #utang as #utang eropa
BERITA TERKAIT
Inilah Potensi Negatif di Bursa Saham AS
Fed Sepakat Oktober Jadi Pemangkasan Terakhir?
Data Stok AS Naikkan Harga Minyak Berjangka
Harga Emas Berjangka Jauhi Level Tertinggi
Inilah Pemicu Pelemahan Bursa Saham AS
Bursa Saham Eropa Bergerak di Area Negatif
IHSG Berhasil Menghijau di 6.155,109

kembali ke atas