NASIONAL

Rabu, 18 Januari 2012 | 00:09 WIB

Kupas Tuntas Intelijen Negara

Kupas Tuntas Intelijen Negara
bukukita.com

INILAH.COM, Jakarta - Dunia intelijen selama ini dipandang sebagai dunia yang gelap dan misterius.

Anggapan ini didasarkan pada pelbagai cerita tentang operasi-operasi intelejen yang bersifat klandestin (rahasia) yang dalam tataran implementasinya kadang juga dianggap merecoki (mengintervensi) privasi orang sehingga orang bisa merasa tidak nyaman.

Buku ini berupaya untuk menguak dari sisi hukum tentang apa yang ada di dalam tubuh organisasi intelijen beserta kegiatan-kegiatannya.

Dalam penyelenggaraan negara, intelijen negara memiliki posisi sangat strategis sebagai salah satu institusi pengawal kedaulatan negara serta institusi yang paling efektif dalam memberikan early warning terhadap ancaman dari dalam dan luar negeri.

Intelejen negara juga bisa menjadi alat dari negara yang fungsinya berkarakter oportunis. Artinya, institusi ini bersifar demokratis atau nondemokratis tergantung dari setting-an negara terhadap institusi intelijen.

Setting-an karakter intelijen itu dapat ditemui misalnya di dalam peraturan perundang-undangan yang mengaturnya. Peraturan perundang-undanganlah yang merupakan landasan dan legitimasi tentang apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan oleh intelijen negara dalam menjalankan operasinya.

Buku ini dapat dijadikan referensi bagi para pihak yang terkait maupun tertarik dengan masalah intelijen di Indonesia secara yuridis.

Judul Buku: Kupas Tuntas Intelijen Negara dari A sampai Z

ISBN: 9789793411057

Penulis: Ismantoro Dwi Yuwono, S.H

Penerbit: Pustaka Yustisia

Terbit: November 2011

Tebal: 240 halaman

BERITA TERKAIT
3 Remaja Curi Sepeda Mahal Hanya untuk Beli Sabu
Ponorogo Siapkan Rp1,35 M untuk Rumah Tak Layak
39 Suara Golkar Jatim Bulat Dukung Airlangga
Rawan Disalahgunakan, KPK Dukung TP4D Dibubarkan
(Pilbup Sleman 2020) DPW PAN DIY Sebut Mumtaz Raiz Paling Berpeluang
Polisi Dalami Dugaan Pencabulan Oknum Dokter
Larangan Airlangga Dilanggar Pendukungnya Sendiri

kembali ke atas