NASIONAL

Sabtu, 14 Januari 2012 | 23:05 WIB

Lagi, Pemerintah Beli Pesawat Sukhoi

Lagi, Pemerintah Beli Pesawat Sukhoi
Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro inilah.com/Ardhy Fernando

INILAH.COM, Balikpapan - Pemerintah kembali menambah enam pesawat tempur Sukhoi sehingga akan lengkap memiliki satu skuadron atau 16 pesawat tempur canggih buatan Rusia.

Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro menyatakan, penambahan pesawat tersebut demi disinyalir untuk memperkuat pertahanan Indonesia.

"Selain itu, kita juga akan tambah tiga kapal selam dan pesawat-pesawat F-16 sehingga di akhir masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, pertahanan kita akan kuat sekali," kata Purnomo di Pelabuhan Semayang, Balikpapan, Kalimantan Timur, Sabtu (14/1/2012).

Purnomo menjelaskan, anggaran pertahanan Indonesia masih memiliki anggaran yang cukup besar. Oleh sebab itu, ia mewajarkan pembelian pesawat tersebut.

"Itu karena sekarang ekonomi kita kuat sekali. Kita punya anggaran Rp150 triliun untuk pertahanan," tambah Purnomo.

Saat ini TNI AU memiliki 10 pesawat Sukhoi yang pengadaannya dimulai sejak masa Presiden Megawati Soekarnoputri. Saat itu pemerintah hanya menargetkan memiliki satu skuadron mini atau berkekuatan 12 pesawat Sukhoi SU-27 dan Sukhoi SU-30.

"Dari Makassar hanya perlu sekitar satu jam bagi Sukhoi dengan terbang normal untuk mencapai perbatasan dengan Malaysia di Sabah. Sukhoi mampu terbang hingga mach-2 atau dua kali kecepatan suara," kata Komandan Skadron Udara XI Wing 5 Lanud Sultan Hasanuddin, Makassar, Letkol Penerbang Tonny Haryono dalam kesempatan terpisah.

Penambahan Sukhoi itu melengkapi penambahan armada tempur udara Indonesia, yang juga diperkuat pesawat-pesawat F-16. Pada 2014 mendatang TNI AU akan mendapat 24 pesawat F-16 Block 32 yang diretrofit jadi Block 52 sehingga meski bekas USAF (angkatan udara Amerika Serikat), pesawat tersebut kemampuan tempur sama seperti pesawat baru. [Ant/mar]

#pesawat #sukhoi #alutsista #pertahanan #menhan #purnom
BERITA TERKAIT
Komponen Cadangan Pertahanan Tidak Bersifat Wamil
Komponen Cadangan, Prabowo Akan Libatkan Nadiem
Prabowo Bahas Komponen Cadangan Pertahanan di DPR
Menhan Tegaskan Pertahanan Indonesia Harus Memadai
Menhan Prabowo Terbang ke Yoyga Malam Ini
Menhan Ingin Bahas Pesawat Tempur dan Kapal Selam
Menhan Prabowo Jalankan Agenda Internal Hari Ini

kembali ke atas