NASIONAL

Senin, 16 Januari 2012 | 19:15 WIB

Longsor di Ponorogo Putuskan Jalan Desa

Longsor di Ponorogo Putuskan Jalan Desa
inilah.com/Syamsuddin Nasoetion

INILAH.COM, Ponorogo - Bencana tanah longsor menghantam sejumlah wilayah di Kecamatan Ngrayun, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur.

Di Desa Baosan Lor, satu buah rumah Ngrayun rata dengan tanah dan di Dusun Tunjungan, Desa Ngrayun material longsoran menutup jalan desa sepanjang 50 meter lebih.

Ketua Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Kabupaten Ponorogo, Siswanto mengatakan, saat ini pihaknya masih berusaha membersihakan material longsoran yang kebanyakan berupa tanah, batu dan pepohonan.

"Longsor ini terjadi karena tanah sudah tidak bisa lagi menampung debit air hujan. Dan saat ini kami masih kesulitan dalam menyingkirkan material longor. Karena sejumlah alat berat tidak bisa masuk ke lokasi," ujarnya, Senin (16/1/2012).

Siswanto menambahkan, proses pembukaan akses jalan menuju Desa Mrayan dan Wonodadi dilakukan secara manual yang melibatkan muspika, satuan Taruan Tanggap Bencana (Tagana), TNI, dan warga setempat menggunakan peralatan seadanya.

Selain longsor yang menutup akses jalan antar desa, bencana serupa juga meratakan sebuah rumah milik Darmani, warga Dusun Krajan, Desa Baosan Lor. Beruntung, ketika peristiwa itu terjadi, keluarga Darmani terlebih dahulu lari menyelamatkan diri.

"Sebelum kejadian pemilik rumah sempat mendengar suara bergemuruh. Kemudian ia langsung mengajak seluruh penghuni rumah untuk keluar dari rumah. Setelah beberapa saat berada di luar rumah mereka langsung longsor," tuturnya.

Dari data BPBD dari awal tahun sampai pertengahan Januari ini di wilayah Kabupaten Ponorogo telah terjadi sekitar 15-20 kali bencana tanah longsor. Dimana separuhnya terjadi di Kecamatan Ngrayun. Sisanya terjadi di empat kecamatan lain. Yakni Kecamatan Sawo, Slahung, Ngebel, dan Soko. [beritajatim.com]

#tanah longsor #ponorogo
BERITA TERKAIT
Satgassus Bakamla Tangkap Kapal Muat Rokok Ilegal
Ponorogo Anggarkan Rp4 Miliar untuk 4000 Jamban
TNI Musnahkan 1.236 Botol Miras Ilegal
Kemenag Optimis Kampus UIII Rampung Sesuai Target
Pegawai KPK Syukuri Tingkat Kepercayaan Masyarakat
Narkoba, Basis Boomerang Dihukum 16 Bulan
Golkar Maluku Utara Harap Tak Ada Lagi Perpecahan

kembali ke atas