NASIONAL

Selasa, 17 Januari 2012 | 03:45 WIB

Kemenpu Anggarkan Dana Guna 12,922 km Jalan

Wahyu Praditya Purnomo
Kemenpu Anggarkan Dana Guna 12,922 km Jalan
inilah.com

INILAH.COM, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum (Kemenpu) telah mengalokasikan anggaran perbaikan jalan nasional yang berada di wilayah Provinsi DKI Jakarta, sepanjang 12,922 kilometer, dengan anggaran sebesar Rp120,5 miliar dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negarai (APBN) 2012.

Rencananya, anggaran tersebut digunakan untuk 5 paket pengerjaan perbaikan jalan dan satu paket pengerjaan flyover Rawa Buaya yang akan dimulai pada awal Maret 2012. Ditargetkan keenam paket ini dapat rampung sebelum akhir tahun anggaran 2012. "Kemenpu telah menyusun program perbaikan jalan nasional yang berada di wilayah DKI Jakarta," kata Kepala Bidang Perencanaan dan Pengawasan Teknik Direktorat Jenderal Bina Marga Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional IV Kemenpu, Didik Rudjito.

Menurut Didik, perbaikan jalan nasional merupakan kewenangan pemerintah pusat. Untuk itu Pemerintah Pusat telah menganggarkan alokasi dana dalam APBN secara khusus untuk perbaikan jalan-jalan nasional yang rusak saat musim hujan ini.

Dirinya mengungkapkan, kelima paket tersebut yaitu paket pertama, proyek peningkatan Jalan S Parman, Jalan Gatot Subroto dan MT Haryono. Total jalan yang diperbaiki di tiga jalan tersebut sepanjang 5,4 kilometer dengan alokasi dana sebesar Rp30 miliar. Paket kedua, peningkatan Jalan Cakung-Cilincing dan DI Panjaitan, dengan total perbaikan jalan efektif sepanjang 2,439 kilometer dan alokasi anggarannya sebesar Rp24,5 kilometer.

Paket ketiga, peningkatan ruas jalan rusak di Jalan RE Martadinata sepanjang 1,93 kilometer dari total panjang jalan eksisting 7,21 kilometer dan lebar 14 meter. Dana perbaikan yang dialokasikan sebesar Rp42,8 miliar. Lalu, paket keempat yaitu proyek peningkatan ruas jalan yang rusak di Jalan TB Simatupang dan Jalan Mayjen Sutoyo sepanjang 2,618 kilometer dengan alokasi dana sebesar Rp7,028 miliar. Serta Paket kelima adalah peningkatan Jalan Lingkar Barat sepanjang 0,225 kilometer dengan alokasi anggaran sebesar Rp1,152 miliar.

Kemudian, satu paketnya lagi adalah pengerjaan lanjutan flyover Rawa Buaya di tahun 2012 sepanjang 0,3 kilometer dengan alokasi dana sebesar Rp5 miliar. Jadi kalau ditotalkan semuanya, panjang efektif jalan nasional yang ditangani Kemenpu di wilayah DKI mencapai 12,922 kilometer dengan total dana sebesar Rp120,5 miliar, ujarnya.[dit]

#kemenpu #angarkan #perbaikan #jalan
BERITA TERKAIT
Politisi PDIP I Nyoman Dhamantra Segera Disidang
KPK Perpanjang Masa Penahanan Bupati Lampung Utara
Wawan Segera Pindah ke Lapas Cipinang
Pemilik Hotel Alih Saham Secara Ilegal
Wawan Siap Lakukan Pembuktian Terbalik
PKS: Tak Fair Evaluasi Presiden yang Baru Bekerja
(Buntut Kasus Harley di Pesawat) Menteri BUMN Copot Dirut Garuda!

kembali ke atas