TEKNOLOGI

Selasa, 17 Januari 2012 | 18:10 WIB

Waduh, Besok Wikipedia Tidak Bisa Diakses!

Ahmad Taufiqqurakhman
Waduh, Besok Wikipedia Tidak Bisa Diakses!
Jimmy Wales straitstimes.com

INILAH.COM, New York - Terkait aksi protes terhadap Online Piracy Act (SOPA), pihak Wikipedia mengatakan bahwa besok situs mereka akan dimatikan.

Seperti yang dikutip dari ST, pendiri Wikipedia, Jimmy Wales, mengatakan bahwa ensiklopedia online tersebut akan dimatikan sementara, sebagai aksi protes terhadap pakta SOPA yang kini sedang dalam pertimbangan pihak Kongres AS.

Wales mengumumkan langkah tersebut melalui akun Twitter. Situs ensiklopedia online tersohor tersebut akan mematikan versi Inggris selama 24 jam, terkait aksi protes terhadap SOPA dan Protect Intellectual Property Act (PIPA).

Stop Online Piracy Act (SOPA) adalah sebuah pakta yang diusulkan oleh pemerintah Amerika Serikat dalam memerangi pelanggaran hak cipta di internet, yang sanksinya adalah para penyedia layanan internet boleh memblokir situs-situs bersangkutan.

Namun bagi beberapa pihak, pakta tersebut dirasa melanggar demokrasi terutama dari aksi sensor internetnya, yang bisa melumpuhkan internet.

WikiPedia merupakan situs pertama yang mengumumkan rencana protes radikal tersebut. Dengan sekira 25 juta pengunjung tiap harinya, maka siap-siap saja mengalami 'kelumpuhan internet' sementara.

Cobalah buka halaman Wikipedia apapun malam ini, maka Anda akan menemukan pengumuman aksi protes tersebut di bagian atas halaman website. [mor]

#internet #online #wikipedia
BERITA TERKAIT
AS Kembali Perpanjang Izin Bisnis Huawei 90 Hari
Xiaomi Umumkan Teknologi Peringatan Bahaya Gempa
Perancang Ivan Gunawan Bikin Game Bertema Fesyen
Kini Belanja Online Logam Mulia Emas Semakin Aman
Smart Projector BenQ Bidik Pebisnis dan Pendidikan
Suzuki Peroleh 4 Penghargaan GridOto Award 2019
Masuk Indonesia, Ini Harga Kamera Leica SL2

kembali ke atas