NASIONAL

Selasa, 17 Januari 2012 | 19:24 WIB

Ratusan Landak Serang Pertanian Gunung Lemongan

Ratusan Landak Serang Pertanian Gunung Lemongan
foto:ilustrasi

INILAH.COM, Lumajang - Petani di kaki Gunung Lemongan was-was dengan serangan ratusan hama landak yang memiliki nama latin 'Hystrix Brachyura'. Pasalnya, selain memakan tanaman jagung, kedelai, ketela pohon, dan talas, landak juga merusak lahan pertanian warga.

"Setelah hama babi berkurang, kini giliran landak yang merusak tanaman pertanian warga," kata Gianto warga Desa Kali Penggung Kecamatan Randuagung, Selasa (17/01/2012).

Dia menceritakan, serangan landak ini dilakukan menjelang malam hari. Padahal sejumlah petani sudah memasang jebakan tetapi tetap tidak berguna alias nihil. "Landak sudah mengetahui alat perangkap yang kami buat," jelasnya.

Munculnya serangan landak setelah ada penebangan pohon di kaki Gunung Lemongan oleh beberapa orang, sehingga diperkirakan rantai makanan mereka terganggu.

Hal yang sama disampaikan Subairi, warga Desa Salak Kecamatan Randuagung. Dia mencermati, serangan landak tidak terpaku satu kawasan melainkan berpindah-pindah. Bahkan setiap ada orang yang melintas, landak langsung berpindah untuk mencari makanan. "Landak hewan aneh, mau ditangkap malah pindah," jelasnya.

Petani di kaki Gunung Lemongan di Kecamatan Randuagung kebingungan untuk mengatasi hama landak yang merusak lahan pertaniannya. Bahkan untuk mengadu ke siapa juga kebingungan, pasalnya meski ada hama babi, instansi terkait tidak melakukan tindakan apa-apa.

"Mau lapor kemana, ke UPT dinas pertanian diam saja, kalau babi dulu, ada pemburu yang membantu," terangnya . [beritajatim.com]

#hama #landak
BERITA TERKAIT
Lapas Klas IIB Mojokerto Disebut 'Overload'
Timah Panas Lumpuhkan 4 Pencuri di Sidoardjo
10 Unit Mobil Ikut Terbakar di Pasar Bendul
Pencuri Bersenjata Bondet Digulung Polisi
Rumah Muntahari di Gresik Ludes Dilalap Api
Polisi Kantongi Identitas 'Koboy' Viral di Kediri
Dua Terduga Teroris Diamankan Di Bandung

kembali ke atas