BOLA

Selasa, 17 Januari 2012 | 20:43 WIB
(Menanggapi Surat FIFA)

KPSI Harap Kongres Tahunan Jadi Ajang Cari Solusi

Anry Dhanniary
KPSI Harap Kongres Tahunan Jadi Ajang Cari Solusi
inilah.com

INILAH.COM, Jakarta - PSSI telah mendapat surat balasan dari FIFA yang menyarankan mereka untuk secepat mungkin menggelar Kongres Tahunan. Dan menurut Komite Penyelamat Sepakbola Indonesia (KPSI) itu tidak menghentikan langkah menuju Kongres Luar Biasa (KLB).

KPSI melalui Sekretaris Jenderal-nya, Hinca Panjaitan menjelaskan bahwa surat yang dikirimkan FIFA malah menekan posisi PSSI karena dengan dibalasnya surat tersebut maka FIFA secara tidak langsung mengakui permintaan KLB tersebut.

"Ada tiga poin di surat FIFA," ujar Hinca menjelaskan ketika dihubungi wartawan Selasa malam (17/1/2012).

"Satu, Judul surat FIFA menunjukan FIFA mengakui fakta hukum adanya permintaan KLB dr 2/3 anggota PSSI. Dua, FIFA dan AFC tidak mau berkomentar soal hasil verifikasi data permintaan KLB. Tiga, FIFA mengakui hasil kongres Bali dan meminta PSSI untuk segera menggelar kongres tahunan supaya tidak langgar statuta," jelas Hinca.

"FIFA masih berbaik hati mengingatkan PSSI untuk gelar kongres sebelum batas waktu. Seharusnya kongres tahunan digelar Januari. Jadi bisa dibilang PSSI dalam kondisi tertekan," nilai pria yang pernah menjabat sebagai Komite Disiplin PSSI itu.

Lebih lanjut, Hinca menegaskan bahwa surat itu tidak serta merta mematikan usaha KLB yang ingin digelar KPSI berdasarkan mandat sebagian besar anggotanya.

"Apakah dengan surat ini tuntutan KLB mati? Tidak. Itulah kenapa KPSI bikin kongres Januari ini supaya kita tidak offside," sambungnya.

Hinca pun mengingatkan bahwa salah satu butir yang tertera didalam surat FIFA adalah adanya sebuah forum untuk mencari solusi masalah tersebut. Dia pun berharap permintaan itu ditanggapi serius oleh PSSI.

"FIFA sudah mengamanatkan bahwa kongres harus jadi forum resolusi. Kalau mereka main ancam, mereka akan menuai badai dan akan berhadapan dengan 2/3 anggota tersebut. Kalo main ancam, mereka juga tidak membaca dengan jernih surat FIFA," tukas Hinca.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, FIFA telah membalas surat ke PSSI prihal permintaan KLB tersebut dan meminta PSSI segera menggelar Kongres Tahunan sebelum 21 Maret 2012. Induk sepakbola tanah air pun berencana menggelar kongres tersebut pada 18 Maret.[yob]

#kongres #pssi #kpsi
BERITA TERKAIT
Ketum PSSI Bertemu Presiden AFC di Kuala Lumpur
Target PSSI untuk Pelatih Baru Timnas Indonesia
PSSI Kembali Dipercaya Jadi Tuan Rumah Piala AFF
Berikut 23 Pemain untuk Perkuat Timnas Indonesia
Riko Simanjuntak Masuk Best Starting XI ASEAN
PSSI Pecat Simon McMenemy
Wiljam Pluim Akhir Liga 1 2019 Lebih Cepat

kembali ke atas