NASIONAL

Rabu, 18 Januari 2012 | 00:49 WIB
(Aboe Bakar al-Habsy)

Selipkan Bahasa Leluhur

R Ferdian Andi R
Selipkan Bahasa Leluhur
Aboe Bakar al-Habsy inilah.com/Agus Priatna

INILAH.COM, Jakarta - Ketua Kelompok Fraksi (Kapoksi) PKS Komisi Hukum DPR Aboe Bakar al-Habsy dalam berbagai forum resmi DPR kerap menyelipkan bahasa leluhurnya. Apa alasannya?

Kejadian tersebut juga muncul saat digelar Rapat Kerja (Raker) antara Komisi Hukum DPR dengan Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas) HAM, Senin (16/1/2012) di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta.

Saat pembahasan kesimpulan rapat, Aboe Bakar al-Habsy menginterupsi pimpinan sidang yang kebetulan dipimpin rekan separtainya yang juga Wakil Ketua Komisi Hukum DPR Nasir Djamil. Dia mengkritik salah satu poin yang menurut dia tidak penting untuk dimasukkan. "Poin itu kan sudah ada di poin sebelumnya, menurut saya itu ghoiru muhimmah (tidak penting, bahasa arab), makanya harus dihapus," katanya.

Selipan bahasa arab sebenarnya tidak kali ini saja dilakukan Aboe Bakar. Saat wawancara dengan sejumlah media, Aboe juga tak jarang menyelipkan bahasa Arab. Bahasa ini memang menjadi bahasa leluhur Aboe. Politikus PKS ini memiliki memang darah Betawi-Arab. Makanya, Aboe juga kerap disapa dengan sebutan Habib, panggilan khas suku Arab yang memiliki keturunan dengan Nabi Muhammad SAW.

Ketika dikonfirmasi tentang kebiasaannya menyelipkan bahasa arab, Aboe mengaku sebagai bentuk pengakuan identitas dirinya yang memang memiliki darah Arab. "Biar tahu juga, saya ini Arab," kelakarnya usai rapat. [mdr]

#Aboe Bakar al-Habsy
BERITA TERKAIT
Koruptor Flu Burung Ini Dituntut 2 Tahun Penjara
Polisi Tangkap 74 Orang Pascabom Bunuh Diri Medan
Pemerintah Harus Pastikan Nasib Korban FirstTravel
Ini Alasan PSI Usul Masa Jabatan Presiden 7 Tahun
Gracia Billy, Si Penjual Kue Kini Stafsus Presiden
KPK Perpanjang Penahanan eks Menpora Imam Nahrawi
Ini Sosok Belva, CEO RuangGuru Stafsus Jokowi

kembali ke atas