TEKNOLOGI

Kamis, 02 Februari 2012 | 10:35 WIB

Terpecahkan, Misteri Cara Otak Dengarkan Kata-kata

Ahmad Taufiqqurakhman
Terpecahkan, Misteri Cara Otak Dengarkan Kata-kata
straitstimes.com

INILAH.COM, Washington - Misteri mengenai cara otak mendengarkan kata-kata lisan telah terpecahkan, ungkap sebuah studi terbaru.

Seperti yang dikutip dari ST, para ilmuwan asal Amerika Serikat (AS) mengatakan bahwa mereka telah menemukan cara membaca sandi bagaimana otak mendengarkan kata-kata, yang menurut para peneliti dideskripsikan sebagai langkah besar untuk membantu orang berkomunikasi setelah mendapat kelumpuhan atau stroke.

Dengan menaruh elektroda di otak subjek penelitian, kemudian para ilmuwan mengajak mereka berbincang. Di situ mulai bisa menganalisis frekuensi suara yang terdeteksi oleh otak subjek.

"Kami berfokus pada bagaimana otak memproses suara dari percakapan," ujar Brian Pasley, ilmuwan dari Helen Wills Neuroscience Institute di University of California.

Mayoritas dari informasi yang didapatkan dari pembicaraan antara satu sampai 8 ribu hertz. Otak mampu menganalisis frekuensi-frekuensi suara dari berbagai lokasi berbeda. Dengan melacak bagaimana otak 'mendaftarkan' suara-suara tersebut, para ilmuwan mampu untuk memetakan kata-kata.

#sains #penelitian #riset
BERITA TERKAIT
Ilmuwan China Ciptakan Lem untuk Jantung
MIT Garap AI yang Bisa Prediksi Kanker Payudara
Huawei Janji Berikan Pembaruan Keamanan Seluler
PrivyID Edukasi Manfaat Tanda Tangan Digital
(Periksa Kendaraan dan Kesehatan Gratis) Shell Gelar 'Rehat Bareng Rimula' untuk Supir Truk
Seperti Ini Teaser dari Final Fantasy VII Remake
Membuat Helm Iron Man dari Kardus

kembali ke atas