BOLA

Jumat, 17 Februari 2012 | 02:50 WIB
(Liga Europa: Ajax vs MU)

Unggul Kualitas, MU Tekuk Ajax 2-0

Reza Adi Surya
Unggul Kualitas, MU Tekuk Ajax 2-0
Getty Images

INILAH.COM, Amsterdam - Manchester United memulai petualangan pertamanya di ajang Liga Europa dengan kemenangan. 'Setan Merah' mengalahkan Ajax Amsterdam dengan skor 2-0.

Manchester United berhadapan dengan Ajax Amsterdam, Jumat (17/2/2012) dini hari WIB di Amsterdam Arena dalam babak 32 besar Liga Europa.

Di babak pertama, kedua tim tampak bermain hati-hati. Hal tersebut tampak di 15 menit pertama dimana kedua tim lebih banyak melakukan umpan-umpan pendek tanpa penetrasi berbahaya. Tendangan ke gawang baru terjadi di menit ke-17 ketika tendangan bek kiri Ajax, Koppers dari luar kotak penalti masih terlalu lemah dan mudah diamankan oleh kiper MU, De Gea.

Satu menit kemudian, giliran sepakan jarak jauh Rooney yang dengan mudah ditangkap oleh kiper Ajax, Vermeer. Peluang emas didapat MU menit ke-29. Nani berhasil melakukan penetrasi di sisi sayap kanan. Pemain Portugal itu memaksa melepaskan tendangan ke gawang dan arahnya jauh dari sasaran. Jika ia lebih jeli, posisi Rooney bebas di depan gawang Ajax.

Menit ke-31, De Gea harus berjibaku untuk menepis tendangan jarak jauh yang dilepaskan oleh De Jong. Enam menit berselang, kembali Ajax mencoba melepaskan tendangan jarak jauh yang dilepaskan Eriksen. Skor belum berubah karena tendangannya masih melebar.

Skor imbang 0-0 bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, MU meningkatkan agresifitas permainan. Baru dua menit berjalan, MU nyaris mencetak gol ketika tendangan Nani dari sisi kanan gawang masih mampu ditepis dengan baik oleh Vermeer.

Menit ke-50, umpan terobosan Rooney membuat Hernandez berhadapan dengan kiper. Namun, Vermeer lebih sigap dan menggagalkan peluang emas tersebut.

MU akhirnya mampu mencetak gol di menit ke-59. Umpan silang Nani jatuh di kaki Young di sisi kiri gawang Ajax. Setelah mengecoh satu pemain Ajax, Young melepaskan tendangan mendatar ke gawang yang tak mampu dihadang Vermeer.

Menit ke-63, Nani nyaris menggandakan keunggulan MU. Menerima umpan Jones, pemain Portugal itu menendang bola sambil membalikkan badan. Sayang, tendangannya masih tinggi di atas mistar.

Menit ke-67, tendangan keras Erikson dari luar kotak penalti masih mampu diamankan dengan baik oleh De Gea.

Asyik menyerang, Ajax kebobolan melalui serangan balik cepat di menit ke-85. Rooney melepaskan umpan matang kepada Hernandez yang tengah berlari di kotak penalti. Tanpa cela, pemain Meksiko itu menghujamkan bola ke gawang Ajax.

Di waktu tersisa, tak ada lagi gol tercipta dan skor 2-0 bertahan hingga pertandingan usai.

Kemenangan ini mempermudah langkah 'Setan Merah' menembus babak 16 besar. Leg kedua akan digelar di kandang sendiri.[yob]

Susunan pemain:

Ajax: Vermeer; Anita, Alderweireld, Vertonghen, Koppers (Boilesen 63'); Eriksen, Aissati, De Jong; Sulejmani, Bulykin (van Rhijn 60'), Ozbiliz (Lukoki 80').

MU: De Gea; Jones, Ferdinand, Evans, Fabio; Nani (Welbeck 86'), Cleverley (Scholes 61'), Carrick, Young (Valencia 76'); Rooney, Hernandez.

#ajax
BERITA TERKAIT
Salah Satu Malam yang Gila bagi Chelsea di UCL
(Liga Champions) Lampard: Ajax Tim Kuat dan Tak Mudah Dikalahkan
Latihan Pertama Timnas Indonesia Fokus Recovery
Smalling Rindu Manchester United, Tapi...
Conte: Pemain Inter Harus Berjuang 110 Persen
Barca Siapkan Materi Banding Kartu Kuning Messi
Marah dan Hina Sarri, Juventus Tak Sanksi Ronaldo

kembali ke atas