PASAR MODAL

Kamis, 23 Februari 2012 | 04:00 WIB

Saham Mineral Mulai Menawan

Bastaman
Saham Mineral Mulai Menawan
inilah.com/Ardhy Fernando

INILAH.COM, Jakarta - Harga logam mulia mengalami penguatan, seiring meroketnya harga minyak. Tidak hanya itu, langkah pemerintah China yang menurunkan Giro Wajib Minimum (GWM) bank, juga diyakini akan mendorong laju pertumbuhan ekonomi negeri tirai bambu sehingga berdampak pada meningkatnya permintaan terhadap mineral.

Sentimen positif lainnya datang dari Eropa, setelah Menteri Keuangan Uni Eropa sepakat memberikan bantuan 130 miliar euro kepada Yunani. Inilah yang membuat daya tarik komoditi mineral belakangan ini.

Standard & Poors GSCI Spot Index, indeks yang mengukur 24 komoditas, Selasa (21/2) kemarin menguat 1% ke posisi 695,54. Posisi tertinggi sejak Agustus tahun lalu. Lantas, bagaimana potensi saham-saham di sektor ini?

Nizar Hilmy, analis SoeGee Future, menuturkan bahwa secara keseluruhan harga mineral masih akan berfluktuasi. Kondisi Eropa dan Amerika sebenarnya masih lesu, katanya. Tapi bukan berarti saham-saham perusahaan yang memproduksi mineral ikut-ikutan tengelam.

Seorang analis dari Kresna Securities mengatakan, efek bailout Yunani dan penurunan GWM bank di China sudah terasa di sektor ini. Optimisme terhadap perekonomian China, kata dia, adalah salah satu yang mendorong harga emas, perak dan platinum belakangan ini.

Seperti diketahui, Selasa kemarin harga perak di pasar berjangka New York mencatat kenaikan 1,34% menjadi US$ 33,89 per onz. Kenaikan juga dicatat oleh emas, tembaga, dan platinum.

Inilah yang membuat daya tarik saham-saham di sektor mineral seperti PT Aneka Tambang (ANTM). Apalagi diperkirakan harga minyak bakal terus meroket hingga mencapai US$135 per barel. [mdr]

#ihsg
BERITA TERKAIT
Apa Hasil Pertemuan Trump dan Powell?
Ketidakpastian AS-China Tekan Bursa Saham Asia
Inilah Kebuntuan Sikap AS-China Bahas Tarif
Harga Minyak Berjangka Tertekan Sikap AS-China
Investor Emas Manfaatkan Keraguan Sikap AS-China
Bursa Saham AS di Rekor Tertinggi
Miliki US$110 M, Gates Jadi Orang Terkaya Lagi

kembali ke atas