GAYA HIDUP

Kamis, 23 Februari 2012 | 14:30 WIB

5 Hal yang Bikin Tulang Cepat Keropos

Dahlia Krisnamurti
5 Hal yang Bikin Tulang Cepat Keropos
stylemedia.info
INILAH.COM,Jakarta - Osteoporosis atau yang sering disebut tulang keropos merupakan hal yang menakutkan terlebih bagi wanita. Pasalnya, Osteoporosis tidak dapat disembuhkan, tapi bisa diperlambat dengan meningkatkan kepadatan tulang.

Sebelum hal itu terjadi, seperti dikutip dari berbagai sumber, berikut lima hal yang bisa membuat tulang cepat keropos. Apa saja?

Kurang minum air putih

Tubuh membutuhkan sangat banyak cairan, termasuk tulang. Air putih dipercaya mampu mencegah pembusukan tulang. Jadi, biasakan minum banyak air putih.

Banyak konsumsi garam

Menurut National Osteoporosis Foundation, Amerika, makanan yang mengandung banyak garam bisa membuat kalsium dalam tubuh berkurang, kepadatan tulang pun ikut berkurang.


Solusinya, jauhi makanan yang mengandung garam lebih dari 20%, seperti makanan kaleng, keripik kentang, dan makanan beku.

Duduk terlalu lama

Jika tak sempat olahraga, lakukan aktivitas ringan seperti stretching atau jalan di sekitar meja kerja agar otot-otot tak tegang, juga merilekskan tulang belakangmu. Berdalih pekerjaan menumpuk sampai tak sempat bergerak dari meja kerja akan merugikan diri sendiri.

Makan siap saji

Kandungan lemak, sodium, dan gula yang tinggi pada makanan siap saji menyebabkan kepadatan tulang berkurang. Apalagi, biasanya kamu menyantap makanan siap saji sepaket dengan minuman bersoda. Kombinasi lengkap yang ampuh merusak tulang!

Kurang olahraga

Ini yang paling sering jadi masalah. Olahraga masih ada di urutan ke sekian dibandingkan shopping atau tidur seharian saat weekend. Padahal, olahraga menjadi cara jitu mencegah keroposnya tulang. [mor]
#tulang keropos #olahraga #air putih
BERITA TERKAIT
Puan Maharani Dukung Karya Samuel Wattimena
Kini Traveler Tak Lagi Dadakan Mencari Tiket
(Sambut Libur Lebaran) Mister Aladin Gelar Travel Fair 2018
Tips Jadikan Sarapan Jadi Kebiasaan Sehat
Wanita Masa Kini Tampil Cantik Tak Berlebihan
Sarapan Dapat Berpengaruh pada Mood
Orang Indonesia Suka Makanan Karbohidrat Tinggi?

ke atas