BOLA

Jumat, 24 Februari 2012 | 21:22 WIB

Andik Gemilang, Indonesia Tumbangkan Laos

Arie Nugroho
Andik Gemilang, Indonesia Tumbangkan Laos
Andik Vermansyah inilah.com/Agus priatna

INILAH.COM, Bandar Seri Begawan - Timnas U-21 Indonesia mengawali langkahnya di turnamen Sultan Hassanal Bolkiah Cup 2012 dengan mulus. Andik Vermansyah dkk sukses menumbangkan Laos 2-0.

Timnas U-21 Indonesia tergabung di Grup A di turnamen ini, yang berisi tim-tim kuat seperti Singapura, Brunei, Filipina, Laos, dan Myanmar.

Indonesia menghadapi Laos di laga perdana Grup yang yang dihelat di Stadion Track and Field Sport Complex, Bandar Sri Begawan, Brunei Darussalam, Jumat (24/2/2012) malam WIB.

Di pertandingan ini, Laos menurunkan sebagian besar pemain yang berlaga di SEA Games November lalu. Bomber Lamnao Singto yang sempat dua kali membobol gawang Indonesia di SEA Games menjadi andalan di lini depan Laos.

Indonesia langsung tampil agresif sejak peluit pertandingan dibunyikan. Baru tiga menit laga berjalan, Indonesia langsung unggul melalui kapten Andik Vermansyah. Menerima umpan silang dari sisi kanan, Andik yang tak terkawal di depan gawang Laos dengan mudah mencetak gol. 1-0 Indonesia memimpin.

Catatan penting di kubu timnas, Andik Vermansyah tampil gemilang di sepanjang babak pertama. Pemain asal klub Persebaya Surabaya itu terlihat berada di berbagai posisi di barisan penyerangan.

Loas juga bukannya tanpa perlawanan. Beberapa kali, skema serangan balik yang mereka peragakan membuat repot barisan pertahanan Indonesia. Singto nyaris membobol gawang Indonesia di menit ke-33. Menyisir dari sayap kanan, Singto kemudian melepas tembakan keras. Tapi, arahnya masih tinggi di atas mistar gawang Indonesia.

Syaiful Indra Cahya nyaris menambah keunggulan Indonesia di menit ke-35. Namun, tandukannya memanfaatkan sepak pojok masih menyamping tipis di sisi kanan gawang Laos.

Hingga babak pertama usai, keunggulan satu gol Indonesia tetap tak berubah.

Laos mencoba tampil lebih agresif lagi guna mengejar ketertinggalan satu gol. Mereka mencoba memainkan umpan-umpan panjang langsung ke depan, memanfaatkan keunggulan postur yang mereka punya.

Strategi itu terbukti sukses, Lamnao Singto nyaris menyamakan kedudukan bagi Laos saat pertandingan babak kedua baru bergulir tiga menit. Tapi, tendangan kerasnya dari sisi kanan masih mampu ditepis kiper timnas M. Ridwan.

Lima menit kemudian, Singto kembali mengancam gawang Indonesia. Kali ini back header-nya masih sedikit tinggi di atas mistar gawang Indonesia.

Penjaga gawang Indonesia M. Ridwan menjadi pahwalan bagi Indonesia di interval sepuluh menit terakhir. Setidaknya tiga shooting keras dan dua kemelut di depan gawang sukses ia selamatkan.

Petaka menimpa Laos di penghujung babak kedua. Berawal dari serangan balik, Andik melepas umpan lambung, bek Laos yang berniat melakukan back pass dengan cara menyundul bola justru mengecoh penjaga gawang dan bola meluncur mulus masuk ke gawang. 2-0 Indonesia memimpin.

Hingga pertandingan usai, keunggulan dua gol Indonesia tetap tak berubah.

#timnas #laos #andik
BERITA TERKAIT
Hambali Bergabung, Aji: Skuad Persebaya Lengkap
(Babak 32 Besar Copa del Rey 2019-2020) Atletico Madrid Disingkirkan Klub Divisi Tiga
Liverpool Susah Payah Kalahkan Wolverhampton
Meski Didesak Fans MU Belum Mau Pecat Solskjaer
Timnas U-16 Menang Besar, Ini Komentar Bima Sakti
Resmi: Victor Moses Pemain Baru Inter Milan
Barca Ingin Tukar Rakitic dengan Bernardeschi

kembali ke atas