NASIONAL

Kamis, 01 Maret 2012 | 22:25 WIB

Surya Paloh: Demokrasi Tak Memberi Azas Manfaat

Sumitro
Surya Paloh:  Demokrasi Tak Memberi Azas Manfaat
Ketua Umum Organisasi Masyarakat Nasional Demokrat Surya Paloh inilah.com/Agus Priatna

INILAH.COM, Jakarta - Menurunnya penilaian masyarakat terhadap sistem demokrasi mendapatkan sorotan dari Ketua Umum Organisasi Masyarakat Nasional Demokrat Surya Paloh. Dalam acara deklarasi dan pelantikan organisasi sayap Partai NasDem, Badan Advokasi Hukum (DPP BAHU), ia menilai ada yang salah dengan sistem demokrasi di Indonesia.

Bos media ini menilai demokrasi yang berlaku di Indonesia tidak banyak memberikan manfaat bagi seluruh masyarakat. Berkaca pada apa yang dirasakan masyarakat sekarang ini, menurutnya ada dua hal yang harus melengkapi sistem demokrasi di Indonesia.

"Pertama harus hadir pemimpin yang kuat dan mampu me-manage pemerintahan yang kuat," tegasnya saat memberikan arahan pengurus baru DPP BAHU di Hotel Sheraton Media, Jakarta Pusat, Kamis (1/3/2012).

Kedua, imbuh Surya, menyangkut pemahaman masyarakat terhadap demokrasi. Dimana keseimbangan antara tuntutan-tuntutan yang mereka sampaikan kepada pemerintah dan hak-hak yang mereka dapatkan tidak sebanding. "Dua faktor ini tidak hadir di tengah masyarakat selama ini,"tegasnya.

Diketahui sebelumnya, beberapa lembaga survei merilis akan menurunnya demokrasi di Indonesia. Salah satu cerminan menurunnya demokrasi terlihat dari suara partai politik dalam survei tersebut. Ketua DPP Partai Kebangkitan Bangsa Marwan Ja'far dalam kesempatan di Lembaga Survei Indonesia (LSI), Minggu (19/2/2012), bahkan sampai meradang dengan gejala itu.

"Sudah lama saya berteriak-teriak tentang gerakan luar biasa ini, tetapi temen-temen tidak 'nggeh',"tegasnya.

Padahal demokrasi yang kini dianut bangsa Indonesia merupakan hasil dari konsensus semua pihak sehingga tidak bisa diabaikan begitu saja. Salah satunya bentuk pengakuan terhadap keberadaan partai politik sebagai pilar utamanya.

"Demokrasi kita di Indonesia itu ya parpol, parpol adalah pilar utama dalam demokrasi,"pungkas Marwan. [mar]

#nasdem #surya paloh #demokrasi #tak berazas
BERITA TERKAIT
Paloh: Ingin Saya Peluk Erat Jokowi Tapi tak Bisa
Jokowi Kembali Bahas Pelukan Paloh-Sohibul
Manisnya Sambutan Paloh untuk Mega & Jokowi
Surya Paloh Kembali Pimpin NasDem Secara Aklamasi
NasDem Akan Gelar Konvensi Jaring Capres 2024
NasDem Tegaskan Keharusan Undang Anies
PDIP Tanggapi Santai Pidato Surya Paloh

kembali ke atas