EKONOMI

Jumat, 09 Maret 2012 | 15:36 WIB

Menkeu Minta Mutu SDM Ditjen Pajak Ditingkatkan

Mosi Retnani Fajarwati
Menkeu Minta Mutu SDM Ditjen Pajak Ditingkatkan
Menkeu Agus Martowardojo inilah.com/Agus Priatna

INILAH.COM, Jakarta - Menteri Keuangan Agus Martowardojo meminta agar kualitas pendidikan sumber daya manusia (SDM) Kementerian Keuangan, terutama Direktorat Jenderal Pajak ditingkatkan.

Hal ini agar kasus-kasus sejenis penggelapan pajak tidak lagi terulang. Agus Marto menyatakan, pendidikan merupakan salah satu aspek penting bagi setiap pegawai Kemenkeu. Namun hal ini juga harus diimbangi dengan integritas dan karakter positif. "Pendidikan SDM adalah salah satu strategi utama untuk bisa menyiapkan sumber daya utama agar bisa memberikan yang terbaik untuk konstitusi," ungkapnya dalam sambutan acara Pelantikan Pejabat Eselon II Kemenkeu di Kantor Kemenkeu, Jakarta, Jumat (9/3/2012).

Menurutnya, tugas yang cukup berat dalam mendidik pegawai Kemenkeu adalah di Ditjen Pajak. Pasalnya, selain dari sisi jumlah pegawai yang besar, namun juga kompleksnya tanggung jawab.

"Akhir-akhir ini reformasi diganggu oleh temuan oknum-oknum di Kemenkeu, terutama di Pajak, yang mencemarkan nama baik kita. Reformasi tidak bisa dicapai tanpa penghayatan yang baik, mesti mengeluarkan suatu ekstra. Bukan hanya di badan pendidikan tapi juga pengajar-pengajar agar insan-insan khususnya Pajak, betul-betul merasakan manfaat dan untuk sistem perpajakan yang lebih baik ke depan," tambahnya.

Agus Marto berharap, dengan adanya peningkatan pendidikan tersebut, kompetensi pegawai Pajak bisa lebih baik, terutama di sektor pemeriksaan, penelaahan, dan penagihan yang akan berdampak signifikan pada penerimaan negara dari sektor pajak. "Komponen pajak merupakan yang dominan dalam membiayai anggaran," pungkasnya.

Adapun dua pejabat eselon II Kemenkeu yang dilantik hari ini adalah Dr. Andin Hadiyanto, SE, MA sebagai Sekretaris Badan Kebijakan Fiskal, dan Ir Imam Arifin, MA sebagai Kepala Pusdiklat Pajak - Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (BPPK).

#SDM Ditjen Pajak #Agus Martowardojo
BERITA TERKAIT
Efeknya Minim,Jangan Mudah Tergiur Investasi China
PLN Pasok 12,5 Juta VA di Jakbar dari Power Bank
(Musim Rombak Bos BUMN) Iqbal Tergusur dari Taspen, Antonius Naik
Peran Ilmu Pengetahuan dalam Kebijakan KLHK
Bea Cukai Jateng DIY Paparkan Penerimaan APBN 2019
Bea Cukai Maluku Sumbang Rp718 M untuk APBN
Bea Cukai Musnahkan 450 Kg Barang Pembawa Hama

kembali ke atas