GAYA HIDUP

Sabtu, 10 Maret 2012 | 09:42 WIB

Madu Hebat Atasi Gejala Batuk ?

Dahlia Krisnamurti
Madu Hebat Atasi Gejala Batuk ?
IST

INILAH.COM,Jakarta - Harga obat ayang semakin mahal memicu masyarakat yang berpenghasilan 'rendah' beralih mengkonsumsi obat herbal atau madu untuk menyembuhkan suatu penyakit.

Seperti diketahui, adu bisa menjadi obat mujarab untuk menyembuhkan berbagai macam gejala penyakit ringan termasuk batuk. Dalam sebuah riset yang dilakukan para peneliti dari Pennsylvania State University di Hershey, Amerika menyebutkan bahwa madu terbukti efektif meringankan batuk pada anak-anak dan membantu mereka tidur nyenyak di malam hari. Benarkah ?

Penelitian tersebut juga mengungkapkan bahwa pengobatan dengan madu bahkan lebih baik dibanding sirup obat batuk yang mengandung dextromethorphan.

eperti dikutip insidermedecine, salah seorang tim peneliti, Dr. Ian M. Paul menjelaskan hasil penelitian itu begitu menyakinkan sehingga kami dapat menyatakan dengan jelas bahwa madu lebih baik ketimbang dextromethorphan atau tanpa pengobatan sama sekali.

"Banyak keluarga terkait dengan temuan ini dan mereka akan mengatakan bahwa nasehat nenek benar adanya," jelas Ian M. Paul.

Sejauh ini, pengobatan untuk batu yang disebabkan ISPA atau pilek biasa belum ada yang benar-benar efektif. Walaupun dextromethorphan banyak digunakan, tetapi belum ada bukti bahwa obat ini benar-benar manjur.

Menurutnya, beberapa dokter anak yang membaca hasil studi ini merekomendasikan bahwa madu dapat dijadikan alternatif dalam mengatasi batuk pada anak. Namun mereka menyarankan, sebaiknya madu tak diberikan pada anak di bawah satu tahun karena berisiko mengalami botulism atau keracunan.

Dalam studinya, para peneliti melibatkan 105 anak pengidap infeksi pernafasan atas pada sebuah klinik di Pennsylvania. Para orang tua anak ini diberi masing-masing sebuah kantong berisi obat beserta petunjuk dosisnya. Sebagian kantong tidak dilengkapi obat.

Beberapa kantong berisi obat dextromethorphan dengan aroma madu, sedang lainnya berisi madu dengan dosis serupa. Para peneliti mengumpulkan data mengenai gejala batuk serta tidur anak-anak dari orang tua mereka, baik sebelum maupun pasca pengobatan.

Seluruh anak mengalami kemajuan, tetapi yang mengonsumsi madu secara konsisten mencatat rata-rata skor tertinggi dalam penurunan frekuensi dan tingkat keparahan batuk mereka. Anak yang minum madu pun mengalami perbaikan dalam kualitas tidur mereka.

#madu #batuk #obat batuk
BERITA TERKAIT
Nasi Kapau Ala Mintuo Suguhkan Cita Rasa Otentik
Riau Segera Susun Manajemen Krisis Kepariwisataan
(Wonderful Indonesia) Mitra Co-Branding Hydro Coco Gelar Turnamen Futsal
Dive Nobatkan Indonesia, Best Destination 2019
Lounge Baru Terminal 2 Soetta Manjakan Travellers
(Kemenparekraf) Sales Mission Singapura Promo Danau Toba-Mandalika
Kompetisi Bunga Internasional Libatkan Siswa SD

kembali ke atas