EKONOMI

Sabtu, 10 Maret 2012 | 10:52 WIB

Mobil 700 cc Bakal Kena Cukai

Mosi Retnani Fajarwati
Mobil 700 cc Bakal Kena Cukai
inilah.com/Agus Priatna

INILAH.COM, Jakarta - Mobil berkapasitas mesin 700 cc ke bawah bakal dikenai cukai. Kebijakan itu untuk melindungi daya saing mobil nasional.

"Yang akan dikenakan cukai itu low cost car, green car. Green car ini sepengetahuan saya mobil yang cc-nya kecil, sekitar 700 ke bawah," tutur Direktur Jenderal Bea dan Cukai Agung Kuswandono di Jakarta, Jumat (9/3/2012).

Ia menjelaskan, penerapann cukai ini diberlakukan untuk melindungi daya saing mobil murah impor dengan mobil nasional. Rencana ini masih dikaji Ditjen Bea dan Cukai. "Tapi itu masih very very initial state (penjajakan). Masih awal. Kita masih mengkaji lagi," tuturnya.

Awalnya, lanjut Agung, rencana ini muncul sehubungan dengan adanya rencana pemerintah untuk mulai fokus dalam menggarap produksi mobil nasional. "Ini usulan baru. Ini setahu saya dari Menko Perekonomian. Menko ada rapat, ramai Esemka, terus ada ide membuat industri mobnas (mobil nasional) dan mengerucut ke arah itu," paparnya.

Namun ia mengaku, pihaknya belum memasang target pemasukan dari cukai tersebut. "Low cost green car-nya menko, sedangkan nanti pengenaan fiskalnya itu BKF (Badan Kebijakan Fiskal) bersama dengan Bea Cukai karena kami nanti yang melaksanakannya. Ini baru tahap sangat-sangat awal sekali."

#bea cukai #mobil murah #mobil nasional #low cost car
BERITA TERKAIT
Petani di Barito Utara Pelatihan Tematik Alsintan
Kementan Berharap Daerah Tolak Alih Fungsi Lahan
Apkasi Dorong Investasi Merata Seluruh Indonesia
(Tingkatkan Pengawasan) Bea Cukai Soekarno-Hatta Sinergi Bersama Kemenlu
Bea Cukai Medan Angkat Potensi Industri Domestik
Bea Cukai-Pemda Bicara Bagi Hasil Cukai Tembakau
Airlangga Paparkan Langkah Menuju Ekonomi Inklusif

kembali ke atas