NASIONAL

Sabtu, 10 Maret 2012 | 15:40 WIB

Jika Dukung KPK, DPR Jangan ke Luar Negeri

Ajat M. Fajar
Jika Dukung KPK, DPR Jangan ke Luar Negeri
inilah.com

INILAH.COM, Jakarta - Kunjungan Komisi III DPR ke Australia dan Prancis dalam rangka studi banding pembahasan revisi Undang-undang KPK menuai kritik. Bahkan kunjungan itu dinilai tidak tepat jika mengagendakan untuk penguatan KPK.

Dosen Hukum Politik Universitas Indonesia (UI) Ganjar Laksmana mengatakan, pelaksanaan kunjungan ke Australia dan Prancis sangatlah tidak tepat jika dijadikan landasan dalam revisi undang-undang KPK. Karena kondisi kedua negara itu jauh berbeda dengan Indonesia.

"Studi bandingnya yang seimbang, jangan ke negara yang sudah fokus pada pencegahan," ujar Ganjar Laksamana dalam diskusi di Warung Daun, Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (10/3/2012).

Menurutnya, Prancis dan Australia merupakan negara yang sudah mapan dalam segi pemberantasan kotupsi. Sehingga kedua negara itu lebih fokus kepada pencegahan di bidang korupsi. "Tapi bagaimana dulunya, mereka menindak dengan keras korupsi," jelasnya.

Menanggapi kritikan tersebut, Anggota Komisi III DPR dari Fraksi Partai Golkar Deding Ishak mengatakan, kritikan itu akan dijadikan sebagai masukan. Sebenarnya bagi KPK penindakan adalah penting, namun pencegahan juga tidak kalah penting.

"Karena soal pelaku korupsi ini berkaitan dengan sistem, ada niat ada kesempatan," kata Deding.

Meski begitu, Deding mengaku tak berkompeten menanggapi mengapa dua negara itu yang menjadi pilihan untuk dijadikan rujukan revisi undang-undang KPK. Namun yang terpenting semua rujukan akan bermanfaat bagi rencana revisi itu. "Yang jelas semuanya ada manfaatnya," tandasnya. [iaf]

BERITA TERKAIT
ABG Bunuh Diri di Sungai Bengawan Solo
Bocah ABG Lumpuhkan Dua Jambret Sekaligus
Kecelakaan Maut Di Subang, Enam Orang Meninggal
Polres Mojokerto Amankan 8 Tersangka Narkoba
Dugaan Penggelapan, Perangkat Desa Dipolisikan
Akasia Menangis di Jember Ini Penjelasan Akademisi
Ini Reaksi Akasia Menangis Terhadap Ayat Kursi

kembali ke atas